Kompas.com - 08/11/2021, 22:02 WIB
Gongso kepala sapi di Warung Gongso Jolgo Mas Iyan. Dok. TribunJogja.com/Santo AriGongso kepala sapi di Warung Gongso Jolgo Mas Iyan.

KOMPAS.com - Saat mampir ke Bantul, Yogyakarta, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang terbilang unik yaitu gongso kepala sapi

Gongso pada umumnya adalah babat sapi, daging sapi, atau daging ayam yang dimasak dengan bumbu hingga empuk dan menyisakan sedikit kuah. 

Namun di Warung Gongso Jolgo Mas Iyan, dusun Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, gongso kepala sapi jadi sajian utama. 

Pemilik Gongso Joglo Mas Iyan Haryanto, menyebutkan ia memang biasa memasak kepala sapi. 

Baca juga:

"Selama 10 tahun saya diminta untuk mengolah sapi pada acara tertentu, misalnya saat jari raya atau saat syukuran," kata Haryanto dikutip dari TribunJogja.com.

Ia menyebutkan olahan kepala sapi adalah tradisi warga lokal setempat saat ada acara adat. Biasanya kepala sapi dimasak aem-asem, sate lidah, dan masih banyak lainnya. 

Haryanto mengolah gongso kepala sapi di warungnya, Warung Gongso Jolgo Mas Iyan. Dok. TribunJogja.com/Santo Ari Haryanto mengolah gongso kepala sapi di warungnya, Warung Gongso Jolgo Mas Iyan.

"Setelah pensiun, karena saya melihat di Jogja sepertinya kok belum ada gongso kepala sapi, maka saya coba untuk membuka warung dengan menu utama olahan kepala sapi," sebutnya. 

Menurut Haryanto bagian daging dari kepala sapi punya karakter berbeda dengan daging dari bagian lain. 

"Daging di kepala sapi ada rasa kenyalnya. Empuk dan gurih. Daging biasa hampir tidak ada kenyalnya," kata Haryanto. 

Ajeng, salah satu pengunjung di Gongso Jolgo Mas Iyan mengaku baru pertama kali ini mencoba olahan kepala sapi.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.