Kompas.com - 07/11/2021, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Harga minyak goreng di pasaran naik sehingga dapat memengaruhi menu makanan di rumah terutama bagi yang terbiasa dengan gorengan.

Salah satu masakan lezat dan sehat yang mudah dibikin dan cocok untuk sarapan adalah kaserol brokoli. Isian kaserol lengkap dengan keju dan sup krim jamur siap pakai.

Brokoli mengandung berbagai nutrisi seperti antioksidan dan vitamin C.

Brokoli cukup dipanggang dengan suhu 150-170 derajat celsius dalam waktu 10-15 menit agar matang dan nutrisinya tetap terjaga.

Namun, butuh waktu lebih lama kalau dicampur bahan lain. Maka, gunakan bahan campuran yang mudah matang demi menghindari nutrisi brokoli berkurang terlalu banyak.

Dalam resep kaserol brokoli dari buku "Sajian Sehat Lezat Dari Brokoli" oleh Dapur Kirana terbitan Gramedia Pustaka Utama waktu panggangnya sampai 35 menit.

Kamu dapat mengecek secara berkala, asalkan keju dan sup krim jamur sudah matang, matikan oven.

Baca juga:

Resep kaserol brokoli

Bahan kaserol brokoli (4 porsi)

  • 450 gram brokoli, petik sesuai kuntum
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 60 ml air
  • 2 sdm mentega
  • 1 buah bawang bombai, cincang
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 kaleng sup krim jamur
  • 2 butir telur
  • 2 sdm mayones
  • 200 gram keju cheddar, parut

Baca juga:

Cara membuat kaserol brokoli

  1. Panaskan minyak zaitun di dalam wajan dengan api sedang. Masukkan brokoli, tuang air. Aduk dan tutup wajan. Biarkan hingga mendidih dan brokoli matang.
  2. Panaskan satu sendok makan mentega di wajan lain. Tumis bawang bombai hingga harum. Angakt dan sisihkan.
  3. Masukkan sisa mentega ke dalam rebusan brokoli, Aduk hingga mentega leleh. Bubuhi garam dan merica. Aduk rata. Angkat dan sisihkan.
  4. Kocok telur dengan kocokan kawat. Masukkan bawang bombai, mayones, dan sup krim jamur. Kocok hingga tercampur rata. Bubuhi keju parut. Masukkan rebusan brokoli, aduk rata.
  5. Sediakan piring atau pinggan tahan panas ukuran 22,5 x 27,5 sentimeter. Olesi dengan margarin. Tuang adonan brokoli, ratakan.
  6. Panggang dalam oven dengan panas 180 derajat celsius selama 35-40 menit. Angkat dan tunggu selama 10 menit agar agak dingin. Hidangkan segera.

Baca juga:

Buku "Sajian Sehat Lezat Dari Brokoli" oleh Dapur Kirana terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.