Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2021, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kuning telur sering muncul pada sejumlah resep roti atau kue. Telur biasa digunakan sebagai bahan dasar membuat adonan roti dan kue.

Hal ini karena telur memiliki peranan penting dalam bahan sajian. Salah satunya, kuning telur pada adonan roti bluder yang bisa membuat roti terasa empuk tahan lama.

Dihubungi Kompas.com, Sylvia Andayani selaku pemilik Royal Bluder di Surabaya membagikan fungsi kuning telur pada adonan roti bluder yang menarik untuk disimak.

Baca juga:

1. Kuning telur sebagai pengemulsi makanan

Kuning telur mengandung lebih banyak kolesterol dibanding putih telur.Unsplash/Wendy Rake Kuning telur mengandung lebih banyak kolesterol dibanding putih telur.

Fungsi kuning telur pada adonan roti bluder adalah sebagai pengemulsi makanan.

Menggunakan kuning telur dalam membuat adonan roti bluder bisa menggabungkan antara bahan cair dan lemak dengan baik.

2. Kuning telur sebagai pewarna dan perasa

Sylvia juga menyebutkan kalau kuning telur dalam adonan roti bluder bisa memberikan warna dan rasa.

“Iya, pastinya kuning telur itu bisa memberikan rasa dan warna keemasan setelah dipanggang begitu. Kita nggak pakai pewarna, jadi warna kuning dari bluder buatan kita itu asli dari kuning telur.” ujar Sylvia kepada Kompas.com pada Kamis (04/11/2021).

Baca juga:

3. Kuning telur sebagai pengental campuran

Telur juga dapat menjadi bagian dari cara merawat rambut kering.PEXELS/KLAUS NIELSEN Telur juga dapat menjadi bagian dari cara merawat rambut kering.

Selain sebagai pemberi rasa dan warna, fungsi kuning telur yang lainnya juga bisa menciptakan tekstur kenyal pada adonan, menurut Sylvia.

4. Kuning telur sebagai pengawet tekstur empuk roti

Menambahkan dari buku “Roti Bluder Kuno Tahan Lama” (2013) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, penggunaan kuning telur bisa membuat keempukkan roti bluder bertahan lebih lama dibandingkan dengan roti biasa.

Buku “Roti Bluder Kuno Tahan Lama” (2013) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com