Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2021, 21:13 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Momen MPASI kerap dinantikan oleh para ibu baru. Karena antusias, beberapa ibu lantas membeli banyak perlengkapan MPASI untuk sang buah hati.

Selain alat untuk memasak, alat makan untuk MPASI pun perlu diperhatikan. Kendati demikian, kamu tak perlu implusif membeli banyak barang, cukup yang krusial saja.

Berikut ini alat makan penting yang mesti dimiliki saat anak mulai MPASI. 

Baca juga:

1. Kursi makan

Jessica Marthin selaku CEO sekaligus Co-Founder Grouu, layanan katering MPASI di Jakarta menyebut bahwa kursi makan merupakan salah satu alat krusial untuk mendukung MPASI.

Hal tersebut merujuk pada penjelasan IDAI mengenai anjuran bayi untuk makan sambil duduk. 

"Menurutku alat MPASI krusial ya satu, kursi makan. Karena ini memang juga lagi digalakkan oleh IDAI, kalau anak makan itu sebenarnya harus sambil duduk," jelas Jessica kepada Kompas.com.

Penuhi kebutuhan nutrisi balita dengan pedoman Isi Piringku.SHUTTERSTOCK Penuhi kebutuhan nutrisi balita dengan pedoman Isi Piringku.

Selain karena norma, anjuran makan sambil duduk juga memungkinkan bayi terhindar dari risiko tersedak.

"Itu sebenarnya bukan hanya norma tapi juga safety juga. Karena kalau makan sambil duduk itu juga mengurangi risiko tersedak. jadi duduk tegak itu, posisi terbaik untuk makan, karena grativasi membuat makanan lebih turun ke area pencernaan," tambahnya. 

Baca juga:

2. Alat makan ramah anak

Ada satu benda lain yang dibutuhkan dalam penyajian MPASI, yaitu alat makan. Kendati demikian, alat ini bisa dikatakan wajib ataupun tidak.

Sebab ada pula metode penyajian makanan yang mana anak boleh langsung menikmati makanannya langsung menggunakan tangan atau BLW. 

"Kedua, ini bisa jadi ya atau tidak, itu alat makan yang ramah anak. Kenapa aku bilang belum tentu selalu dibutuhkan, bisa jadi anaknya sudah bisa makanan makanan solid seperti nasi, makan pakai tangan. Nah itu juga memang ada metodenya," tutur Jessica. 

Baca juga: Cara Kemas dan Kirim Katering MPASI agar Nutrisinya Terjaga

Ilustrasi bubur MPASI. SHUTTERSTOCK/WIKTORY Ilustrasi bubur MPASI.

Lebih lanjut, alat makan ramah anak yakni yang ukurannya sesuai dengan usia si kecil serta bahannya pun aman. 

"Tapi pada umumnya alat makanan ini sangat dibutuhkan. Nah alat makan ramah anak ini apa, pada umumnya selain dari ukurannya pastinya harus menyesuaikan bahannya juga. Misalnya kalau plastik itu ya BPA free," tambah Jessica.

Baca juga: 4 Ciri MPASI yang Sudah Tidak Layak Dimakan Si Kecil

Menambahkan dari "Mommyclopedia: 567 Fakta Tentang MPASI" oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, penting juga bagi anak untuk memiliki piring sendiri. 

Hal ini dilakukan agar orang tua mengetahui apakah anak mendapatkan makanan yang cukup. 

Buku "Mommyclopedia: 567 Fakta Tentang MPASI" oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com