Kompas.com - 28/10/2021, 21:13 WIB
Ilustrasi mpasi pada bayi. DOK. FREEPIKIlustrasi mpasi pada bayi.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Momen MPASI kerap dinantikan oleh para ibu baru. Karena antusias, beberapa ibu lantas membeli banyak perlengkapan MPASI untuk sang buah hati.

Selain alat untuk memasak, alat makan untuk MPASI pun perlu diperhatikan. Kendati demikian, kamu tak perlu implusif membeli banyak barang, cukup yang krusial saja.

Berikut ini alat makan penting yang mesti dimiliki saat anak mulai MPASI. 

Baca juga:

1. Kursi makan

Jessica Marthin selaku CEO sekaligus Co-Founder Grouu, layanan katering MPASI di Jakarta menyebut bahwa kursi makan merupakan salah satu alat krusial untuk mendukung MPASI.

Hal tersebut merujuk pada penjelasan IDAI mengenai anjuran bayi untuk makan sambil duduk. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menurutku alat MPASI krusial ya satu, kursi makan. Karena ini memang juga lagi digalakkan oleh IDAI, kalau anak makan itu sebenarnya harus sambil duduk," jelas Jessica kepada Kompas.com.

Penuhi kebutuhan nutrisi balita dengan pedoman Isi Piringku.SHUTTERSTOCK Penuhi kebutuhan nutrisi balita dengan pedoman Isi Piringku.

Selain karena norma, anjuran makan sambil duduk juga memungkinkan bayi terhindar dari risiko tersedak.

"Itu sebenarnya bukan hanya norma tapi juga safety juga. Karena kalau makan sambil duduk itu juga mengurangi risiko tersedak. jadi duduk tegak itu, posisi terbaik untuk makan, karena grativasi membuat makanan lebih turun ke area pencernaan," tambahnya. 

Baca juga:

2. Alat makan ramah anak

Ada satu benda lain yang dibutuhkan dalam penyajian MPASI, yaitu alat makan. Kendati demikian, alat ini bisa dikatakan wajib ataupun tidak.

Sebab ada pula metode penyajian makanan yang mana anak boleh langsung menikmati makanannya langsung menggunakan tangan atau BLW. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.