Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa MPASI Boleh Dihangatkan Kembali? Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 28/10/2021, 20:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - MPASI mulai dihidangkan untuk bayi berusia enam bulan. Umumnya, MPASI dibuat dengan berbagai macam menu dan tekstur.

Demi alasan kepraktisan beberapa orang kerap membuat MPASI dalam jumlah banyak lalu sebagian disimpan untuk stok. Beberapa di antara juga memilih untuk ikut layanan katering MPASI.

Jika begitu, maka MPASI hanya perlu dihangatkan sebelum disajikan. Namun perlu diketahui bahwa ada aturan dalam menghangatkan MPASI. 

Baca juga:

Menurut Jessica Marthin, CEO sekaligus Co-Founder Grouu (layanan katering MPASI), MPASI sebaiknya tidak dihangatkan dua kali atau lebih. 

Meski tidak berbahaya, tetapi proses menghangatkan dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam MPASI.

Oleh karenanya, Jessica mengajurkan pelanggannya untuk menghidangkan MPASI sesuai porsi. Jadi, tidak ada MPASI yang tersisa dan harus dihangatkan kembali. 

"Bukan enggak boleh dalam artinya bukan menjadi racun, tapi nutrisinya berkurang. Saran penyajian itu, hangatkan sesuai porsi yang diberikan," jelas Jessica. 

Penuhi kebutuhan nutrisi balita dengan pedoman Isi Piringku.SHUTTERSTOCK Penuhi kebutuhan nutrisi balita dengan pedoman Isi Piringku.

Lebih lanjut, Jessica menjelaskan di Grouu sudah dicantumkan saran penyajian MPASI-nya, sehingga pelanggan pun tak perlu bingung dalam menyiapkannya. 

"Nah kita biasa juga ada saran penyajian juga. Misalnya nih kalau dihangatkan makanan baiknya gimana, boleh enggak ya dihangatkan berkali-kali. Nah kalau dari kita panduannya itu adalah sebisa mungkin hanya menghangatkan makanan untuk dikonsumsi," tambahnya. 

Baca juga:

Menambahkan dari "Mommyclopedia: 567 Fakta Tentang MPASI" oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menghangatkan MPASI lebih dari dua kali juga dapat membuat bakteri berkembang lebih cepat. 

Lantas bagaimana cara menghangatkan MPASI dari layanan katering atau yang disimpan dikulkas?  

Cara menghangatkan MPASI

Ilustrasi bubur MPASI. SHUTTERSTOCK/WIKTORY Ilustrasi bubur MPASI.

Dalam buku yang sama Meta menjelaskan cara menghangatkan MPASI dengan benar. Menurut Meta, MPASI yang telah disimpan di kulkas atau freezer dapat dicairkan menggunakan microwave terlebih dulu. 

Kemudian, makanan tersebut harus langsung dimasak dan tidak boleh disimpan kembali. Jika tak ada microwave kamu bisa mencairkan makanan tersebut di dalam kulkas, sehari sebelum digunakan. 

Baca juga:

Sebelum disajikan, panaskan atau hangatkan MPASI dengan suhu minimal 70 derajat celcius untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Namun sebaiknya MPASI ini langsung dihabiskan karena tidak bisa disimpan atau dihangatkan lagi. 

Buku "Mommyclopedia: 567 Fakta Tentang MPASI" oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com