Kompas.com - 28/10/2021, 16:07 WIB
ilustrasi donburi, masakan khas Jepang yang dibuat dari nasi dan aneka topping. SHUTTERSTOCK/ffarisailustrasi donburi, masakan khas Jepang yang dibuat dari nasi dan aneka topping.

KOMPAS.com - Bukan hanya sushi dan ramen, ada beberapa kuliner khas Jepang yang juga banyak diminati oleh masyarakat dunia, tak terkecuali orang Indonesia.

Salah makanan Jepang yang terkenal di Indonesia adalah donburi. Dalam Bahasa Jepang, donburi memiliki arti mangkuk.

Sajian donburi atau bisa disebut don kemudian diartikan sebagai makanan khas Jepang yang disajikan dalam mangkuk dan dibuat dari nasi dan aneka pilihan topping.

Definisi donburi tersebut disampaikan oleh Hery Zaldenri, Koordinator Chef Kurabu Ramen pada Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

"Sebenarnya kalau donburi itu yang saya tahu ada nasinya. Pasti di mana-mana kalau menu donburi itu ada nasi semua cuma topping-nya itu beda-beda," jelas Heru saat ditemui langsung di Kurabu Ramen.

Melansir Delighted Cooking, donburi atau domburi umumnya juga disajikan bersama sayuran dan saus.

Donburi kerap dijadikan menu makan siang atau menu makan malam di beberapa restoran cepat saji di Jepang. Selain cepat, donburi juga dikenal sebagai hidangan terjangkau atau murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hery menuturkan, restoran jepang di Indonesia umumnya menyajikan beragam variasi donburi. Tidak ada batasan mengenai penggunaan topping donburi.

Aneka protein bisa digunajkan untuk topping donburi seperti, udang, salmon, daging sapi, dan ayam. 

Namun, jika dikelompokkan secara umum, setidaknya ada delapan jenis donburi terkenal di Jepang seperti dilansir dari Master Class berikut ini.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.