Kompas.com - 27/10/2021, 20:19 WIB
Ilustrasi ramen. Berbeda dengan udon atau soba, ramen punya tekstur yang lentur, berpostur gemuk, dan berwarna kuning. SHUTTERSTOCKIlustrasi ramen. Berbeda dengan udon atau soba, ramen punya tekstur yang lentur, berpostur gemuk, dan berwarna kuning.

KOMPAS.com - Ramen adalah mi tradisional khas Jepang. Kedai ramen otentik biasanya menyajikan ramen yang dibuat sendiri menggunakan tangan.

Ramen terbuat dari tepung gandum dan cairan alkali asin yang disebut kansui. Campuran kansui inilah yang nantinya mempengaruhi ketebalan maupun tekstur ramen.

Kuah ramen umumnya terbuat dari kaldu babi, sapi, ayam, atau tulang ikan yang dimasak lama bersama berbagai bumbu. Ada kuah ramen yang jernih dan rasanya ringan serta penuh bumbu dan rasanya kuat.

Bagi orang Jepang ada cara tersendiri untuk menikmati ramen baik saat menyantapnya di kedai maupun rumah. Seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga:

Ilustrasi ramen kfcDok. Unsplash/Crystal Jo Ilustrasi ramen kfc

Cara makan ramen seperti orang Jepang

Kedai ramen di Jepang akan menyajikan semangkuk ramen dengan sumpit dan sendok bebek.

Sumpit untuk mengambil ramen, sedangkan sendok bebek untuk meminum kuah kaldu dan makan topping seperti telur.

Orang Jepang akan mengambil ramen menggunakan sumpit dengan tidak memotongnya atau dibiarkan panjang. Setelah itu, mereka akan menyeruput ramen secara kencang.

Menurut Live Japan, terdapat dua alasan orang Jepang makan ramen diseruput.

Pertama, ramen dapat didinginkan saat dimasukkan ke dalam mulut untuk menghindari luka bakar. Kedua, konon menyeruput ramen dapat meningkatkan rasa jadi semakin enak.

Ada juga yang mengatakan bahwa cara makan tersebut guna memberitahu dan menghargai pembuat ramen bahwa rasa masakan mereka lezat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Live Japan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.