Kompas.com - 26/10/2021, 08:06 WIB
Ilustrasi bandeng presto. DOK.SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA HIlustrasi bandeng presto.

KOMPAS.com - Bandeng presto merupakah salah satu lauk praktis karena tidak usah ribet memisahkan durinya. Selain itu, bandeng presto juga kaya akan protein.

Kamu bisa mengambil peluang tersebut dengan menjual bandeng presto. Menurut pantauan Kompas.com, harga bandeng presto mulai dari Rp 10.000 per biji dan tergantung beratnya.

Kamu memerlukan presto atau panci tekan untuk membuat bandeng presto yang lunak sampai ke durinya.

Cara membuat bandeng presto untuk dijual bisa mengikuti resep dari buku "Masak Praktis Dengan Panci Presto" oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep bandeng presto

Bahan bandeng presto

  • 5 ekor ikan bandeng (berat masing-masing 200 gram), bersihkan dan cuci
  • 5 lembar daun salam
  • 1 sdm bawang merah, haluskan
  • 1 sdt bawang putih, haluskan
  • 1 sdm garam, haluskan
  • 1 sdt kunyit iris, haluskan
  • 300 ml air

Baca juga:

Cara membuat bandeng presto

  1. Ambil baskom, letakkan ikan bandeng di dalamnya. Balur dengan bumbu halus kecuali daun salam. Diamkan selama satu jam.
  2. Siapkan panci presto, alasi dasarnya dengan daun salam. Susun ikan bandeng berbumbu, tuang air. Tutup presto dengan rapat, kunci.
  3. Masak ikan bandeng selama 60 menit. Angkat.
  4. Buka katup pengatur suhu, biarkan uap keluar sampai habis. Angkat ikan. Hidangkan bandeng presto selagi hangat bersama nasi atau digoreng dulu.

Buku "Masak Praktis Dengan Panci Presto" oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.