Kompas.com - 25/10/2021, 21:39 WIB
ilustrasi toko roti dan kue. SHUTTERSTOCK/lakov Filimonovilustrasi toko roti dan kue.

KOMPAS.com - Bisnis bakery merupakan salah satu bidang bisnis yang sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun lalu dan kian populer hingga saat ini.

Meski terlihat menjanjikan bagi beberapa orang, bisnis bakery tidak luput dari ancaman penjualan yang merosot akibat beberapa hal. Salah satunya pandemi Covid-19.

Pemilik toko bakery Sakura Anpan, Mario, mengatakan, penjualan roti dan kue di Sakura Anpan turun hingga 80 persen selama pandemi Covid-19 berlangsung.

"Dari pas stuck itu (omzet) kita turun 80 persen," kata Mario saat ditemui di Sakura Anpan, Sabtu (23/10/2021).

Menurunnya pendapatan toko bakery tersebut membuat Mario harus kehilangan banyak karyawan.

"Tahun lalu awal pandemi kita hampir collapse. Sekarang ini pekerja cuma tiga, tadinya ada 10, kita tidak memberhentikan tapi ya mengundurkan diri. Ada yang mengundurkan diri, ada yang istirahat dulu," ujar Mario.

Menurut Mario, salah satu penyebab terbesar menurunnya penjualan bakery di Sakura Anpan adalah karena tidak ada pemasukan dari pesanan snack boks kantor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orderan dari kantor tidak ada kan tidak ada rapat. Saat ini kan tidak ada rapat," kata Mario.

Pasalnya, selama ini Sakura Anpan kerap menjadi salah satu langganan toko roti dan kue bagi beberapa perusahaan untuk pasokan snack.

Toko bakery legendaris di Jakarta, Sakura Anpan. Kompas.com/Krisda Tiofani Toko bakery legendaris di Jakarta, Sakura Anpan.

Baca juga:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.