Kompas.com - 25/10/2021, 18:06 WIB
Ilustrasi adonan, isian, dan wijen untuk pembuatan onde-onde. SHUTTERSTOCK/ RosdaniarIlustrasi adonan, isian, dan wijen untuk pembuatan onde-onde.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Onde-onde umumnya berisi kacang hijau kupas yang telah dimasak. Jika kebetulan kacang hijau tersebut tersisa, maka kamu dapat menyimpannya untuk stok. 

Menyimpan isian onde-onde juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat pembuatannya. Jadi, kamu tak perlu menyiapkan semua bahan dari awal.

Lantas, bagaimana cara menyimpan kacang hijau sisa bikin onde-onde? Berikut penjelasan dari Diding Supriatna, Asisten Chef Dim Sum dari Gran Melia Jakarta. 

Baca juga:

1. Bulatkan terlebih dulu 

Diding menuturkan bahwa kacang hijau untuk isian onde-onde bisa disimpan untuk stok.

Cara menyimpannya sederhana saja, tapi sebelumnya isian tersebut harus dibulatkan sesuai ukuran yang akan dibuat. Jika memungkinkan kamu pun dapat menimbangnya.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Caranya di adonan itu dibulatkan saja, bulatannya sesuai ukuran, kalau perlu ditimbang," tutur Diding kepada Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Ilustrasi kacang hijau kupas yang jadi bahan utama pembuatan bindaetteokShutterstock/Pic mak Ilustrasi kacang hijau kupas yang jadi bahan utama pembuatan bindaetteok

2. Simpan di freezer

Alih-alih menyimpannya di kulkas, lebih baik jika isian tersebut diletakkan di freezer. Menurut Diding, cara ini lebih aman dan bisa membuat kacang hijau tahan lama.  

"Setelah itu simpan saja di freezer. Jangan di kulkas, takutnya dia akan mudah asam. Tapi kalau disimpan di freezer dia aman," jelasnya. 

Baca juga:

Tak perlu khawatir, walau kacang hijau tersebut membeku, tetapi rasanya tidak akan berubah. Jadi, tetap dapat digunakan. 

3. Masa simpan 

Ilustrasi onde-onde.DOK.SHUTTERSTOCK/KETUT MAHENDRI Ilustrasi onde-onde.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.