Kompas.com - 24/10/2021, 11:07 WIB
Ilustrasi puding busa putih telur untuk camilan di rumah. Dok.Sajian SedapIlustrasi puding busa putih telur untuk camilan di rumah.

KOMPAS.com - Ada cara membuat puding dari putih telur yang perlu diperhatikan agar hasilnya set dan adonan tidak amblas.

Puding putih telur biasanya memiliki tekstur seperti busa yang lembut. Biasanya, puding ini dibuat secara berlapis dengan adonan puding susu, santan, atau sari buah lainnya.

Kalau kamu berniat untuk membuatnya di rumah, ketahui tips membuat puding putih telur seperti yang dilansir dari majalah “Saji ED 465 June 2020” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

1. Gunakan telur yang masih segar

ilustrasi telurUNSPLASH/NATALIE RHEA ilustrasi telur

Penggunakan telur yang masih segar menentukan hasil dari kocokan telur. Gunakan putih telur yang teksturnya kental karena itu menandakan telur dalam keadaan baik.

Manambahkan dari buku “Step by Step: 50 resep Puding Agar-Agar & Cake Puding” (2013) oleh Yeni Ismayani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, selalu gunakan putih telur dalam keadaan suhu ruang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini karena putih telur yang dingin bisa membuat putih telur tidak bisa kaku saat dikocok.

Baca juga: 4 Cara Cepat Pisahkan Kuning dan Putih Telur, Bekal Bikin Kue Kering

2. Kocok putih telur dengan gula

Ilustrasi putih telur kocok.DOK.SHUTTERSTOCK/GAYVORONSKAYA_YANA Ilustrasi putih telur kocok.

Kocok putih telur hingga setengah mengembang setelah itu masukkan gula. Menambahkan gula di awal pengocokan bisa membuat hasilnya sulit mengembang.

Kalau kocokan telur tidak kokoh juga, tambahkan sedikit garam.

Mengocok putih telur untuk membuat puding tidak disarankan sampai kaku. Hal ini untuk menghindari hasil puding busa yang berlubang atau memiliki pori-pori besar.

Baca juga: 5 Cara Kocok Putih Telur Tanpa Mixer agar Mengembang dan Stabil

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.