Kompas.com - 23/10/2021, 17:38 WIB
ilustrasi papeda, makanan khas Papua yang dibuat dari sagu. SHUTTERSTOCK/DH Saragihilustrasi papeda, makanan khas Papua yang dibuat dari sagu.

KOMPAS.com - Papeda merupakan makanan khas Papua yang dibuat dari sagu dan banyak dikenal serta diminati oleh masyarakat Indonesia.

Papeda bisa disajikan dengan beberapa makanan lain. Salah satunya adalah saus ikan yang dibuat dari tenggiri atau kakap dan susu cair.

Cukup dengan tiga langkah masak, kamu sudah bisa menyajikan papeda panas saus ikan yang cocok dinikmati sebagai camilan mengenyangkan.

Simak resep papeda panas saus ikan dari buku "Makanan & Minuman Populer Indonesia Dari Sagu Ambon" (2013) oleh Elsye Syauta Latuheru dan Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Baca juga:

Resep papeda panas saus ikan

Bahan papeda:

  • 400 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr sagu basah

Bahan saus putih:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • 100 daging ikan kakap atau ikan tenggiri
  • 300 ml susu cair atau santan cair
  • 1/2 sdt lada halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdm bawang bombai cincang
  • 2 sdm tepung beras

Cara membuat papeda panas saus ikan

1. Papeda: masak air dan garam hinga mendidih, angkat. Tuang ke tepung sagu dalam panci sambil aduk agar tepung tercampur rata.

2. Masak sejenak adonan di atas api sedang hingga tepung matang sempurna, angkat. Tuang ke dalam cetakan atau mangkuk, sisihkan.

3. Saus putih: campur semua bahan, haluskan dengan blender hingga lembut. Masak hingga mendidih dan matang sempurna. Siram papeda dengan saus putih panas, hidangkan.

Baca juga:

Buku "Makanan & Minuman Populer Indonesia Dari Sagu Ambon" (2013) oleh Elsye Syauta Latuheru dan Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama tersedia online di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.