Kompas.com - 20/10/2021, 14:03 WIB
Meningkatkan konsumsi sumber asam lemak omega-3 diyakini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. SHUTTERSTOCKMeningkatkan konsumsi sumber asam lemak omega-3 diyakini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

KOMPAS.com - Hampir semua jenis ikan atau hewan laut bisa dimakan tetapi hanya sebagian yang bisa dikonsumsi mentah. Pasalnya, ada parasit yang hidup di dalam ikan mentah.

Cara membunuh parasit yang hidup dalam ikan adalah dengan memasak atau membekukan ikan. Walaupun ada juga parasit yang tetap hidup dalam ikan yang dibekukan di freezer rumahan.

Baca juga:

Parasit dalam ikan mentah

Menurut The Spruce Eats, setidaknya terdapat tiga parasit yang hidup dalam ikan yaitu cacing kod, cacing laut, dan cacing pita.

Cacing kod dapat ditemukan hidup di dalam ikan laut seperti kod, haddock, pollock (ikan yang kaya omega 3), dan hake (ikan daging putih).

Ikan salmon, makarel, dan halibut (ikan yang bentuknya pipih) umumnya mengandung cacing laut. Sementara cacing pita hidup di dalam ikan tawar.

Ilustrasi ikan tuna di atas piring saji. UNSPLASH/TAYLOR GROTE Ilustrasi ikan tuna di atas piring saji.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cacing kod dan cacing laut bisa menyebabkan sakit perut. Parasit ini bisa mati dengan sendirinya di dalam tubuh manusia jika tidak sengaja masuk.

Berbeda dengan cacing pita yang bisa hidup di dalam tubuh manusia dengan panjang mencapai enam meter.

Baca juga:

Jenis ikan yang bisa dimakan mentah

Budaya makan ikan mentah sudah lama dilakukan oleh orang Jepang. Mereka terbiasa menjaga kualitas ikan segar agar bisa menyantapnya mentah, diolah menjadi sushi atau sashimi misalnya.

Beberapa ikan yang biasa diolah menjadi sushi atau sashimi adalah tuna, salmon, halibut, dan ikan ekor kuning atau hamachi dalam Bahasa Jepang.

Sebaiknya kamu tidak mengolah sendiri ikan mentah. Kalau ingin makan ikan mentah lebih disarakan untuk membeli di kedai sushi atau sashimi yang sudah terpercaya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.