Kompas.com - 16/10/2021, 19:11 WIB
Beras kencur, minuman yang kaya manfaat SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESBeras kencur, minuman yang kaya manfaat

KOMPAS.com - Beras kencur merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang terkenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya, sebagai penambah nafsu makan.

Kalau kamu ingin membuat minuman tradisional atau jamu di rumah, salah satunya beras kencur. Ada tips membuat beras kencur yang enak dan tahan lama.

Melalui wawancara via sambungan telepon, Ayu Lestari, pemilik usaha Jampi Beras Kencur di Tangerang membagikan cara membuat beras kencur yang enak berikut ini.

Baca juga:

1. Gunakan bahan-bahan alami

ilustrasi jamu kunyit yang bisa dibuat di rumah. SHUTTERSTOCK/Elizaveta Galitckaia ilustrasi jamu kunyit yang bisa dibuat di rumah.

Cara membuat beras kencur yang enak ada pada penggunaan bahan alami. Beras kencur terbuat dari bahan utama seperti beras, kencur, da gula jawa.

Ayu menyarankan untuk menggunakan bahan alami. Dalam artian, bahan yang digunakan bukanlah bahan instan atau bubuk yang siap seduh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau saya sendiri, menggunakan bahan yang alami. Itu seperti, menggunakan kencur yang masih bongkahan trus berasnya juga asli dan berkualitas. Saya giling sendiri.” kata Ayu kepada Kompas.com pada Rabu (13/10/2021).

Selain menggunakan bahan alami, Ayu juga menyarankan untuk memperhatikan kualitas dari bahan yang digunakan untuk membuat beras kencur.

Pastikan bahan untuk membuat beras kencur masih dalam keadaan yang masih segar agar tidak memengaruhi kualitas atau ketahanan dari beras kencur.

“Kalau pakai bahan yang sudah hampir nggak bagus, nanti hasil dari beras kencurnya nggak bagus juga. Nantinya, hasilnya kayak berbusa.” jelas Ayu.

2. Penggunaan air

Ayu juga menuturkan, kalau dalam membuat beras kencur buatannya, ia menggunakan air mineral berkualitas.

Pasalnya, air menjadi salah satu bahan penting dalam pembuatan beras kencur. Air digunakan untuk merebus bahan yang akan digunakan seperti kencur dan gula jawa.

“Kalau saya sih pakainya air mineral yang langsung dari brandnya gitu. Bukan yang refill.”

Selain itu, pastikan juga air yang digunakan dalam keadaan bersih.

Baca juga: Resep Beras Kencur, Minuman Tradisional yang Kaya Manfaat

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.