Kompas.com - 16/10/2021, 11:39 WIB
Ilustrasi udang direbus untuk hasilkan kaldu nikmat. SHUTTERSTOCK/LAGUTKIN ALEXEYIlustrasi udang direbus untuk hasilkan kaldu nikmat.

KOMPAS.com - Berbagai protein hewani dapat dijadikan sebagai bahan dasar kaldu salah satunya udang. Kamu dapat menggunakan sisa kepala dan kulit udang untuk membuat kaldu.

Tom yam, tekwan, dan laksa adalah tiga dari berbagai masakan yang menggunakan kaldu udang.

Terdapat beberapa langkah untuk membuat kaldu udang jernih dan umami seperti berikut ini.

Baca juga:

Ilustrasi udangShutterstock Ilustrasi udang

1. Pilih udang segar

Ciri-ciri udang segar adalah tekstur kulitnya keras sedangkan dagingnya kenyal. Cara mengetahui tekstur tersebut cukup pegang menggunakan tangan.

Kalau kulit udang lunak, kemungkinan udang sudah berada pada suhu ruang terlalu lama. Kulit udang yang masih bening dan tidak merah juga menjadi tanda udang masih segar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, daging udang segar biasanya akan cepat kembali ke bentuk semula setelah ditekan. Daging udang segar biasanya berwarna cerah, bening, dan tidak kusam.

Sebaiknya juga pilih udang yang masih belum terlepas dari kepalanya. Pasalnya, kepala udang pun bisa untuk membuat kaldu.

Baca juga:

Ilustrasi kepala udang sisa, bisa diolah menjadi kaldu gurih. SHUTTERSTOCK/PORING STUDIO Ilustrasi kepala udang sisa, bisa diolah menjadi kaldu gurih.

2. Pisahkan kepala dan kupas kulit udang

Setelah mendapatkan udang segar, lepaskan kepala dan kupas kulitnya.

Pisahkan kepala udang dari badannya, kemudian sisihkan. Selanjutnya, kupas kulit udang mulai dari bagian kaki sampai ekornya.

Cara mengupas kulit udang sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar dagingnya tidak utuh dan tidak rusak. Kamu dapat menyimpan daging udang untuk berbagai masakan.

Langkah selanjutnya adalah cuci kepala dan kulit udang sampai bersih menggunakan air mengalir, lalu tiriskan.

Baca juga:

Ilustrasi proses membuat kaldu kepala udang dan kulit udang. SHUTTERSTOCK/TAN WEN SEN Ilustrasi proses membuat kaldu kepala udang dan kulit udang.

3. Panggang kepala dan kulit udang

Apabila ingin mendapatkan kaldu udang yang jernih, panggang dulu kepala dan kulitnya. Kaldu dari kepala dan kulit udang yang basah cenderung membuat warna kaldu jadi keruh.

Panggang kepala dan kulit udang di dalam oven sampai kering dan berwarna merah. Jika tidak ada oven, bisa menggunakan wajan.

Sebaiknya panggang di wajan antilengket tanpa menggunakan minyak alias disangrai saja. Namun, kamu dapat menambahkan sedikit minyak kalau wajannya lengket.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.