Kompas.com - 09/10/2021, 19:33 WIB
ilustrasi jamu tradisional. SHUTTERSTOCK/setyo adhi pamungkasilustrasi jamu tradisional.

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19 saat ini, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Salah satunya adalah jamu.

Jamu seringkali dikaitkan dengan kesehatan seseorang. Maka tidak heran bila popularitas jamu terus meningkat selama pandemi berlangsung.

Namun, apa benar jamu dapat meningkatkan imun tubuh saat pandemi?

Menurut Founder Suwe Ora Jamu, Nova Dewi, imunitas merupakan tingkat kekebalan tubuh yang tidak dapat dilihat dan dipastikan dari luar.

"Jadi, imunitas itu beda sama stamina. Kalau stamina yang kita omongin itu adalah dari luar ya tetapi kalau imunitas itu dari dalam," kata Nova dalam Live Instagram Ngoenyah @my.foodplace, Jumat (8/10/2021).

Nova melanjutkan, setiap orang harus mampu membuat koneksi antara diri dan mindset untuk memastikan apakah imun yang ada di dalam tubuh tetap terjaga atau tidak.

"Saya sudah sehat gak ya? ada gejala apa ya? Rawan sakit gak ya? Atau kayaknya mau flu? Itu semua harus dari awareness. Immunity is a build by awareness," tutur Nova.

Menurut Nova, jika seseorang merasa imunitasnya sedang dalam keadaan tidak terlalu baik, mengonsumsi jamu bisa menjadi pilihan sarana untuk meningkatkan imunitas.

"Jamu itu adalah sebuah bentuk sudah menjadi minuman atau bentuk gaya hidup, boleh makanan atau minuman," kata Nova.

Namun, jamu tidak semata-mata bisa digunakan untuk membentuk dan meningkatkan imunitas secara instan.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.