Kompas.com - 08/10/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi bolu marmer kukus. DOK.SHUTTERSTOCK/AHANOV MICHAELIlustrasi bolu marmer kukus.

KOMPAS.com - Resep bolu marmer kukus bisa kamu ikuti dengan mudah di rumah. Bolu jadul ini masih disukai banyak orang, mulai dari orang tua hingga anak-anak.

Pasalnya, bolu marmer atau marble cake memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis. Selain itu, bolu marmer kukus bisa kamu sajikan dengan teh atau kopi di waktu senggang.

Ikuti cara membuat bolu marmer kukus dari buku “Cake Klasik Favorit Sepanjang Masa - Cake Kukus” (2013) oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

Resep bolu marmer kukus

Bahan:

  • 5 butir kuning telur ayam
  • 3 butir putih telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu, ayak
  • 150 ml santan kental dari ½ butir kelapa (kupas kulit ari kelapa)
  • 2 sdt cokelat bubuk, larutkan dengan 2 sdm air matang

Cara membuat bolu marmer kukus

  1. Siapkan loyang dengan volume 1,5 L. Cuci bersih dan tiriskan. Olesi mentega dengan rata. Taburi dengan sedikit tepung terigu, ratakan, dan sisihkan.
  2. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga kental dan mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu, aduk rata, dan tuang santan secara bertahap sambil diaduk terus menerus.
  4. Ambil ½ adonan, tambahkan larutan cokelat, aduk rata, sisihkan. Penyelesaian: Masukkan sisanya ke dalam adonan, ratakan. Tuangi atasnya dengan adonan cokelat, aduk dengan garpu hingga membentuk pola marmer dan ratakan.
  5. Kukus di dalam dandan panas hingga matang selama 30 menit. Angkat, keluarkan dari dalam loyang, dan sisihkan hingga dingin.
  6. Potong-potong bolu marmer kukus sesuai selera, sajikan.

Buku “Cake Klasik Favorit Sepanjang Masa - Cake Kukus” (2013) oleh Dapur Kirana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.