Kompas.com - 06/10/2021, 22:02 WIB
ilustrasi yakiniku, barbequ ala restoran jepang. SHUTTERSTOCK/No-Te Eksarunchaiilustrasi yakiniku, barbequ ala restoran jepang.

KOMPAS.com - Setiap restoran atau tempat makan memiliki jam operasional yang berbeda-beda.

Jam operasional restoran umumnya mengikuti ketentuan aturan pemerintah atau menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki sang pemilik.

Namun, beberapa restoran makanan khas Jepang, khususnya di Jakarta cenderung memiliki jeda jam operasional. 

Saat sore, restoran makanan khas Jepang di Jakarta tutup. Buka pada sesi makan siang dan makan malam. Mengapa begitu?

Pemiliki restoran makanan khas Jepang Tori Hachi, Daffa Adika mengatakan, dirinya memang sengaja menutup restoran saat sore hari.

Baca juga:

Restoran Tori Hachi buka pukul 11.30-14.00 dan 17.00-21.00 WIB tiap Senin-Kamis serta 11.30-21.00 setiap Jumat-Minggu.

"Sebenarnya untuk istirahat. Ada (pegawai) yang ganti (shift) tetapi tetap ada yang lanjut," jelas Daffa saat ditemui di Tori Hachi, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, restoran makanan khas Jepang juga sengaja dibuka selang-seling karena tidak banyak pengunjung yang datang pada jam tertentu, khususnya pada sore hari.

"Kalau sengaja ke restoran pasti di jam makan siang dan jam makan malam," tutur Daffa.

Namun, ia menuturkan, tidak semua restoran makanan khas Jepang memiliki jam operasional yang sama seperti restoran miliknya.

Beberapa restoran makanan khas Jepang juga ada yang buka pada pagi atau siang menjelang sore, tergantung lokasi restorannya. Salah satunya adalah restoran makanan khas Jepang yang ada di mal.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.