Kompas.com - 29/09/2021, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama lebih kurang satu setengah tahun di Indonesia sangat berdampak bagi banyak sektor.

Selain sektor pariwisata dan perekonomian, pandemi ini juga berdampak hingga ke berbagai usaha salah satunya coffee shop.

Kondisi coffee shop saat pandemi mengalami perubahan yang sangat besar terutama pada pola konsumsi masyarakat.

Baca juga:

Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) sempat membuat sebuah survei untuk mengetahui seberapa buruk dampak dari pandemi ini terhadap coffee shop.

“Survei sudah diisi oleh sekitar 100 member yang mempunyai coffee shop di seluruh Indonesia, paling buruk penjualannya turun hingga mencapai 70 persen saat PPKM pertama diterapkan,” kata Executive Director SCAI Andi Fahcri dalam webinar Food & Hotel Indonesia VirtualHub 2021, Jumat (24/9/2021).

Pandemi mengakibatkan pola konsumsi masyarakat khususnya dalam membeli kopi di coffee shop berubah bahkan di seluruh dunia.

Baca juga: Bedanya Coffee Shop dan Coffee Roastery

Mengenal beragam perizinan usaha sebelum menjalankan berbagai bisnis seperti coffee shopUnsplash/Toa Heftiba Mengenal beragam perizinan usaha sebelum menjalankan berbagai bisnis seperti coffee shop

Pelanggan lebih pilih beli kopi online atau take away

Dari data Speciality Coffee Association (SCA) terjadi peningkatan yang signifikan terhadap pola konsumsi kopi masyarakat.

Sebanyak 5.380 persen kenaikan penjualan yang berasal dari take away atau platform online.

Tidak hanya itu, terjadi peningkatan di beberapa coffee shop yang sifatnya shelter in place atau berada di pinggir jalan dan mempunyai tempat take away sendiri.

“Terdapat peningkatan sekitar 521 persen jumlah penjual yang beralih bisnisnya ke pinggir jalan” lanjut Andi.

Baca juga: 4 Hal Wajib Ada di Kedai Kopi Kekinian, Bukan Sekadar Instagenic

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.