Kompas.com - 25/09/2021, 11:07 WIB
Ilustrasi goreng ayam ungkep SHUTTERSTOCK/ SEAGAMES50 IMAGESIlustrasi goreng ayam ungkep
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ayam goreng merupakan salah satu sajian favorit masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang gurih serta dagingnya yang juicy membuat banyak orang menyukainya. 

Cara membuat ayam goreng sebetulnya mudah. Namun adakala ayam goreng tidak matang sempurna dan dagingnya masih berdarah. 

Hal tersebut tentunya akan membuat nafsu makan berkurang.

Baca juga:

Tak perlu khawatir, berikut ini ada cara memasak ayam goreng agar matang sempurna dan tidak berdarah melansir dari beberapa sumber.

1. Ayam tidak perlu dicuci

Penelitian dari Drexel Univesity menyebutkan bahwa sebetulnya ayam hendak dimasak tidak perlu dicuci. Proses pencucian justru membuat daging ayam terkontaminasi bakteri.

Alih-alih mencucinya, disarankan untuk merebusnya sebelumnya dimasak. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apakah Daging Ayam Perlu Dicuci?

Selama proses perebusan, dianjurkan untuk membuang buihnya agar ayam benar-benar bersih dari kotoran. Durasi merebusnya bergantung dari potongan ayam yang digunakan. 

Ilustrasi merebus ayam.SHUTTERSTOCK/ DENIS TORKHOV Ilustrasi merebus ayam.

2. Merendam dan memarinasi ayam 

Merendam ayam di dalam larutan air garam dapat membantu mengeluarkan sisa darah dari potongannya, seperti dilansir laman Live Strong

Selain direndam, potongan daging ayam juga dapat dimarinasi bersama rempah dan bumbunya. Proses ini juga dapat membuat daging rasa lebih empuk dan juicy.

Baca juga: Cara Simpan Ayam Marinasi, Awet sampai 6 Bulan

3. Masak dengan api kecil 

Ilustrasi ayam ungkep bumbu kuning, bisa untuk menu sahur pertama. SHUTTERSTOCK/CHEF TURNIP Ilustrasi ayam ungkep bumbu kuning, bisa untuk menu sahur pertama.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.