Kompas.com - 24/09/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi cengkeh SHUTTERSTOCK/SETYO ADHI PAMUNGKASIlustrasi cengkeh

KOMPAS.com - Cengkeh merupakan rempah asli Indonesia yang banyak digunakan dalam masakan. Biasanya, cengkeh digunakan untuk membuat masakan berkuah seperti semur, gulai, dan kari.

Selain itu, cengeh juga bisa digunakan untuk membuat kue kering seperti nastar. Cengkeh umum digunkaan untuk seduhan minuman hangat tradisional.

Baca juga:

Namun, ada penggunaan cengkeh yang tepat agar fungsinya terasa optimal. Berikut cara menggunakan cengkeh dalam masakan atau minuman, melansir dari beberapa sumber.

1. Gunakan cengkeh secara utuh

Ilustrasi cengkehThinkstock/SneSivan Ilustrasi cengkeh

Melansir dari majalah “Saji ED 442 July 2019” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, walau ukuran cengkeh kecil tetapi aromanya sangat kuat.

Gunakan cengkeh secukupnya agar aromanya tidak terlalu menyengat pada masakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu bisa menggunakan dua sampai lima butir untuk memasak satu ekor ayam. Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan dua sampai tiga butir untuk 500 gram daging.

Baca juga: Cara Gunakan Lada dalam Masakan, Taburkan pada Proses Terakhir

Menambahkan dari laman Healthline, cengkeh utuh bisa langsung direbus dalam air mendidih selama 5 sampai 10 menit untuk membuat secangkir teh.

Teh cengkeh bisa kamu seduh untuk minuman hangat dan menenangkan.

2. Gunakan cengkeh dalam bentuk bubuk

Selain digunakan utuh, kamu juga bisa menggunakan cengkeh dalam bentuk bubuk. Namun, kamu perlu menghaluskannya sampai halus betul dan menyaringnya agar hasilnya halus.

Cengkeh bubuk bisa ditambahkan ke dalam adonan kue. Namun pastikan, cengkeh benar-benar halus agar tidak membuat adonan kue menggumpal bahkan mengganggu saat dinikmatinya.

Baca juga: Cara Gunakan Kapulaga sebagai Penyedap Masakan dan Minuman

Majalah “Saji ED 442 July 2019” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.