Kompas.com - 23/09/2021, 14:14 WIB
Ilustrasi makanan Indonesia dari BHA Sustainable Food Festival. Dok. Bali Hotels Association (BHA)Ilustrasi makanan Indonesia dari BHA Sustainable Food Festival.

KOMPAS.com - Bali Hotels Association (BHA)  mengumumkan peluncuran BHA Sustainable Food Festival yang digelar dari 27 September-16 Oktober 2021. 

BHA Sustainable Food Festival dari sebuah festival makanan dengan mengedepankan konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan. Fetibal ini didukung 30 hotel anggota BHA yang berpartisipasi.

Anggota BHA yang berpartisipasi memiliki kesempatan untuk memamerkan upaya inovatif yang telah mereka lakukan dalam mengadopsi prinsip keberlanjutan dalam kegiatan usahanya selama ini. 

Baca juga:

Selain program pengurangan sampah plastik sekali pakai yang sudah berjalan dengan baik, hotel anggota yang berpartisipasi kini ditantang untuk menyiapkan dua menu makan siang yang berkelanjutan.

Satu menu makan siang yang terdiri dari dua hidangan dengan harga maksimum Rp 200.000 net per orang dan satu menu makan malam dengan tiga hidangan dengan harga maksimum Rp 350.000 net per orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menu-menu tersebut harus memenuhi kriteria keberlanjutan utama sebagai berikut:

  • Bahan makanan menggunakan 100 persen produk dari Indonesia
  • Menggunakan minimal 75 persen produk yang ditanam secara organik
  • Menghormati prinsip-prinsip perdagangan yang adil, misalnya perusahaan yang dipimpin oleh wanita
  • Seluruh produk makanan laut memiliki sertifikat keberlanjutan dan produk unggas bersertifikat free range (jelajah bebas, tidak dikandangkan)

BHA Sustainable Food Festival mendorong hotel masak minim limbah

Ilustrasi limbah makanan yang ditimbang. Dok. Bali Hotels Association (BHA) Ilustrasi limbah makanan yang ditimbang.

Festival ini juga bertujuan untuk mengurangi keluaran sampah hingga mendekati nol. 

Caranya dengan mendorong hotel melakukan kegiatan pengurangan sampah seperti pengomposan dan pemisahan sampah untuk memfasilitasi upaya daur ulang. 

Inisiatif ini dimaksudkan untuk menetapkan tolok ukur untuk masa depan yang dapat diterapkan di seluruh area operasional di luar periode festival. 

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.