Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kacang Polong, Biasanya Dimasak Jadi Isian Sup

Kompas.com - 22/09/2021, 18:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kacang polong biasanya dijual dalam keadaan beku dengan kemasan plastik yang rapi. Per bungkusnya memiliki berat mulai dari 500 kg dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Selain kemasan bungkus, kamu juga bisa menemukan kacang polong dalam kemasan kaleng di supermarket.

Menyimak penjelasan seputar asal-usul sampai jenis kacang polong yang menarik untuk diketahui berikut ini, melansir dari laman The Spruce Eats.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Vietnam, Pakai Kacang Polong

Apa itu kacang polong

Kacang polong merupakan biji dari tanaman polong atau dengan nama latin Pisum Sativum. Walau sering diolah sebagai sayuran, polong merupakan buah yang mengandung biji.

Biji dari buah polong yang berbentuk bola-bola hijau ini yang biasanya diolah menjadi aneka masakan.

Asal usul kacang polong

Ilustrasi kacang polong rebus.DOK.PEXELS/SAURABH WASAIKAR Ilustrasi kacang polong rebus.

Kacang polong merupakan bahan masakan yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Para peneliti percaya bahwa kacang polong pertama kali tumbuh secara liar di cekungan Mediterania sekita 10.000 SM.

Di Inggris, kacang polong segar cukup populer selama abad ke-17. Ini karena teksturnya yang empuk. Selain itu, kacang polong juga dianggap sebagai bahan masakan untuk masyarakat dari golongan kelas atas.

Kepopuleran kacang polong tidak sampai di sana saja, menyebar hingga ke Amerika Serikat. Thomas Jefferson menanam sekitar 30 kultivar kacang polong.

Kini, kacang polong tidak hanya diolah saat masih segar. Namun juga, dalam keadaan sudah diolah dalam kaleng atau dibekukan dalam kemasan.

Olahan kacang polong dari berbagai negara di dunia seperti, kari India, sup khas Swedia, tumis khas China, dan pangsit khas Hungaria.

Baca juga: Resep Risotto Ayam Kacang Polong, Bisa Pakai Sisa Daging Ayam

Jenis kacang polong

Pada dasarnya, semua kacang polong yang tersebar di seluruh dunia terlihat sama. Hanya saja, secara jenis kacang polong terbagi dua. Itu adalah kacang polong hijau dan kacang polong salju.

Kacang polong hijau bisa kamu temukan dan beli dalam keadaan beku di supermarket. Biasanya, jenis kacang polong ini diolah menjadi menu sayuran.

Sementara kacang polong salju biasanya muncul dalam masakan Asia. Kacang polong ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah dikunyah.

Kacang polong salju memiliki bentuk silinder tetapi beberapa orang mungkin tidak menyadarinya. Biasanya, jenis kacang polong ini dikunyah sebagai camilan sehat.

Baca juga: Resep Perkedel Jagung Kacang Polong, Lauk Sahur Sehat Tinggal Goreng

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com