Kompas.com - 19/09/2021, 11:11 WIB
Pincuk tawon di Warung Pondok Osing, Kota Batu, Jawa Timur. Dok. SuryaMalang/Benni IndoPincuk tawon di Warung Pondok Osing, Kota Batu, Jawa Timur.

KOMPAS.com - Kuliner di Batu, Jawa Timur terkenal dengan ketan, tahu telur, dan masih banyak lagi.

Namun, jika ingin mencoba kuliner dengan sensasi beda colahan pincukan tawon. Pincukan tawon adalah makanan dengan bahan dasar sarang lebah.

Warung Pondok Osing saat ini menjadi satu-satunya tempat yang menjual pincukan tawon di Kota Batu.

Pemilik Warung Pondok Osing, Eko Putro Heri Kurniawan, menjelaskan isian dari pincukan tawon adalah tiga sampai empat irisan sarang lebah madu berukuran sekitar 3x3 cm.

Sarang lebah yag dipilih sengaja yang masih muda agar lebih nikmat. Sarang lebah dibersihkan hanya menyisakan larva dan pupa lebah.

Sarang lebah lantas diberi bumbu berupa bawang merah, belimbing wuluh, cabai besar, cabai kecil, dopotong kecil-kecil.

Baca juga:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bumbu dicampur dengan air hangat yang telah diberi garam secukupnya. Pincuk tawon tidak diberi gula, karena rasa sarang lebah sudah manis.

"Lalu dimasukan ke dalam daun, dipincuk. Jadi sebetulnya ini bukan botok, lebih tepat disebut pincukan. Kalau botok itu ada bahan utamanya,” kata Eko Putro Heri Kurniawan dikutip dari SuryaMalang.com, Jumat (17/9/2021).

Pincuk lalu dikukus lebih kurang 30 menit, sampai matang dan disajikan.

Sensasi makan Pincuk Tawon bisa ditemukan ketika menggigit larva ataupun pupa lebah yang sudah dimasak. Seperti ada ledakan kecil ketika menggigitnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.