Kompas.com - 15/09/2021, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara masak usus ayam adalah menjadikannya keripik crispy. Bahan utama usus crispy adalah usus ayam, tepung bumbu serbaguna, dan baking powder

Kalau sudah menggunakan tepung bumbu serbaguna, kamu tidak memerlukan tambahan tepung terigu dan bumbu halus lain. Rasa usus ayam crispy menggunakan tepung bumbu tetap enak.

Sobat Cookpad Dinda Amy @Sw1tzers membagikan resep usus ayam renyah tahan lama pakai tepung bumbu siap pakai sebagai berikut.

Baca juga:

Resep usus crispy tepung bumbu serbaguna

Bahan

  • 500 gram usus ayam
  • 1 jeruk nipis
  • 1 sdt baking powder
  • 1 bungkus tepung bumbu serbaguna (sekitar 240 gram)
  • 150-200 ml air es 
  • Minyak untuk menggoreng

Baca juga:

Cara membuat usus crispy tepung bumbu serbaguna

  1. Cuci bersih usus. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis, diamkan sebentar. Bilas sampai bersih. Tiriskan. Cara lain adalah rebus usus dengan rempah aromatik seperti serai, daun salam, dan daun jeruk.
  2. Ambil 1/4 bagian tepung bumbu serbaguna, beri air secukupnya. Adonan tidak terlalu kental maupun encer. Sisihkan. Campur sisa tepung bumbu serbaguna dengan baking powder.
  3. Panaskan minyak goreng. Lumuri usus ke dalam tepung kering, celupkan ke dalam tepung basah, lumuri lagi dengan tepung kering. Kibaskan usus agar tepung yang tidak menempel terlepas.
  4. Goreng usus dalam minyak panas sampai kekuningan. Angkat. Goreng lagi usus dengan api kecil sampai renyah. Teknik ini bernama double fry yang membuat camilan renyah. Angkat dan tiriskan.
  5. Biarkan usus sampai dingin. Masukkan ke dalam stoples atau langsung sajikan bersama saus cocolan sesuai selera.
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:


Video Pilihan

Sumber cookpad
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.