Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2021, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Biskuit sering kali disajikan sebagai camilan saat minum teh atau kopi. Teksturnya yang renyah membuat biskuit digemari banyak kalangan.

Kini, ada banyak produsen camilan yang menghadirkan biskuit dengan berbagai rasa yang membuatnya semakin menarik. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya seputar fungsi lubang kecil pada biskuit?

Baca juga: Apa Itu Biskuit Lembut di MasterChef? Terasa Asing buat Pemain Ikatan Cinta

Apapun rasanya, biskuit memiliki banyak lubang kecil di permukaannya. Melansir dari berbagai sumber, berikut fungsi lubang kecil pada biskuit.

Fungsi lubang kecil pada biskuit

Ilustrasi biskuit.DOK.PEXELS/PIXABAY Ilustrasi biskuit.

Melansir dari laman Goodto, lubang kecil pada permukaan biskuit bukanlah sebuah misteri.

Mark Greenwell yang merupakan seorang manajer di sebuah pabrik biskuit di Carlisle mengungkapkan, kalau lubang kecil tersebut untuk menjaga tekstur biskuit.

Baca juga: Resep Biskuit Selai Kacang, Bikin Kue Kering Lebaran Bareng Anak

Lubang kecil pada permukaan biskuit berfungsi seperti sebuah jendela. Jendela yang memungkinkan uap panas keluar saat adonan biskuit dipanggang.

Tentu saja, keluarnya uap dari adonan biskuit bisa mencegah adonan patah.

Kalau saja tidak ada lubang kecil pada biskuit, uap akan menumpuk di dalam adonan. Hal itu bisa membuat biskuit mudah patah.

Baca juga: Resep Tiramisu Dessert Box Ekonomis, Pakai Bubuk Kopi dan Biskuit

Ilustrasi biskuit.DOK.PEXELS/EVA ELIJAS Ilustrasi biskuit.

Selain untuk mencegah adonannya patah, lubang pada biskuit yang berfungsi untuk mengeluarkan uap juga supaya permukaan biskuit rata.

Menambahkan dari laman Times of India, lubang kecil pada biskuit juga bisa mengurangi adanya gelembung udara sehingga bisa membuat kerupuk menjadi renyah.

Baca juga: Resep Brownies Kukus Pakai Biskuit Good Time ala Bittersweet by Najla

Dalam laman tersebut juga menjelaskan, kalau melubangi biskuit tidak boleh sembarangan. Pasalnya, letak lubang yang terlalu rapat justru bisa membuat teksturnya kering dan sulit dikunyah.

Sebaliknya, letak lubang yang terlalu jauh juga bisa membuat biskuit mudah patah akrena uap akan terperangkap di dalamnya.

Baca juga: Resep Bola Cokelat Biskuit Tanpa Perlu Dimasak, Cocok Dibuat Bareng Anak

Oleh karena itu, pastikan posisi dan banyaknya lubang pada biskuit pas untuk menghasilkan biskuit dengan tekstur yang diinginkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com