Kompas.com - 21/08/2021, 19:51 WIB
ilustrasi baked alaska. PEXELS/ERINilustrasi baked alaska.

KOMPAS.com - Salah satu peserta MasterChef season 8, Nadya, membuat baked alaska dalam tantangan mengolah aneka cokelat, Sabtu (21/8/2021).

Melansir The Kitchnnbaked alaska merupakan dessert atau makanan penutup manis yang terdiri dari lapisan kue, es krim, meringuedan marshmallow.

Ciri khas baked alaska ada pada lapisan meringue atau kocokan putih telur dengan gula yang dipanggang di bagian luar kue. 

Baca juga: Apa Itu Cacao Nibs? Bahan Dessert di Tantangan MasterChef Indonesia

Ada dua cara memanggang baked alaska. Pertama, baked alaska bisa dipanggang menggunakan oven selama kurang dari lima menit dengan suhu sangat panas. 

Baca juga: Apa Itu Meringue? Tips Bikin Meringue yang Mengembang Sempurna

Kedua, meringue dalam baked alaska bisa dimatangkan menggunakan torch api hingga sebagian permukaan baked alaska berwarna cokelat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dessert manis berbentuk setengah lingkaran yang termasuk kue jadul mewah ini membutuhkan teknik dan waktu pembuatan yang cukup lama.

Sebab, selain harus membuat kue terlebih dahulu, baked alaska juga membutuhkan es krim yang benar-benar beku agar tidak meleleh saat dipanggang.

Baca juga: Apa Bedanya Sorbet, Sherbet, Es Krim, dan Gelato? Tantangan di MasterChef

Meskipun selesai dipanggang, baked alaska masih bisa disajikan beku dan utuh selama 30 menit. Ini menjadi keistimewaan dessert asal New Orleans, Amerika Serikat ini. 

Jika masih ada sisa, baked alaska bisa disimpan di freezer untuk membuat bagian luar atau meringuenya menjadi beku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Kitchn
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.