Kompas.com - 20/08/2021, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Makan sayur dan buah berbeda warna, penting untuk nutrisi tubuh. Hal ini disampaikan oleh dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, SpGK. 

"Jadi sebetulnya, berbagai warna (sayur) itu penting ya. Warnanya merah, oranye, kuning, putih, hijau," kata Joy dalam live Instagram NGOENYAH "Ngobrol Renyah" @my.foodplace, Kamis (19/8/2021).

"Kebutuhan kita sebetulnya yang paling banyak itu sebetulnya sayuran warna merah dan oranye, itu tinggi jadi jangan fokus sama sayuran yang warnanya hijau saja," lanjut Joy.

Baca juga: Pentingnya Makan Buah dan Sayur Aneka Warna

Melansir Healthline, setiap tanaman mengandung pigmen yang berbeda yang akhirnya memberi warna berbeda juga pada sayur dan buah.

Tanaman dengan warna berbeda terkait dengan tingkat nutrisi spesifik dan manfaat kesehatan yang lebih tinggi.

Simak kandungan nutrisi dari sayur dan buah menurut warnanya berikut ini.

1. Merah

Sayur dan buah berwarna merah di antaranya adalah tomat, semangka, jambu merah muda, dan jeruk bali.

Sayur dan buah berwarna merah diketahui mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Baca juga: Berapa Porsi Buah Rekomendasi Dokter untuk Tingkatkan Imun Tubuh?

2. Kuning dan oranye

Mirip dengan sayur dan buah berwarna merah, sayur dan buah berwana kuning dan oranye,  juga mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta dapat membantu kesehatan mata.

Sayur dan buah dengan warna kuning dan oranye di antaranya ada wortel, ubi jalar, paprika kuning, pisang, nanas, labu, dan jagung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.