Kompas.com - 19/08/2021, 09:38 WIB
Ilustrasi kentang. PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURESIlustrasi kentang.

 

KOMPAS.com - Ada beberapa sumber karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, di antaranya adalah sagu, jagung, ubi jalar, dan singkong.

Salah satu makanan pengganti nasi yang menjadi tren beberapa tahun belakangan adalah umbi.

Menurut Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum, umbi banyak dipilih menjadi pengganti nasi karena indeks glikemiknya lebih rendah dibandingkan nasi.

"Karena beras putih glikemik indeksnya tinggi (kecepatan mencerna jadi gula), sedangkan umbi relatif lebih lambat karena kandungan seratnya," kata Tan kepada Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Baca juga:

Ilustrasi gembili. Dok. Shutterstock/Teguh Jati Prasetyo Ilustrasi gembili.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalori umbi kecil dan banyak serat

Tan menuturkan bahwa umbi cocok dipilih sebagai bahan makanan pengganti nasi bagi orang yang ingin mengontrol berat badan.

"Umbi kalorinya kecil dan banyak serat, bahkan ubi ungu dan kuning punya antioksidan," ujar Tan.

Namun, jika dijadikan bahan makanan pengganti nasi biasa, menurut Tan, penggunaan umbi tidak terlalu tepat karena bisa membuat kembung.

Baca juga:

Jika kamu ingin mengolah umbi sebagai bahan pengganti nasi, jangan mengolah umbi dengan cara ribet. Cukup kukus atau masukkan umbi ke dalam sup atau kalio.

Menurut Tan, penambahan bahan makanan yang terlalu beragam bisa menyebabkan umbi yang seharusnya sehat menjadi tidak sehat.

"Di Indonesia, tren bisa membahayakan karena pengganti nasi tidak dimakan apa adanya tetapi dibuat jadi produk," tutur Tan.

Beberapa contoh produk olahan umbi sebagai pengganti nasi yang kurang tepat menurut Tan adalah kue, keripik, dan aneka kudapan yang menggunakan penambahan gula.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.