Kompas.com - 17/08/2021, 13:11 WIB
Ilustrasi sate ayam madura siram bumbu kacang, irisan bawang merah, dan jeruk nipis. SHUTTERSTOCK/OEN MICHAELIlustrasi sate ayam madura siram bumbu kacang, irisan bawang merah, dan jeruk nipis.

KOMPAS.com - Siapa yang tidak tahu sate? Olahan daging yang dibakar dan dibumbui ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia.

Sate umumnya dibuat dari daging atau jeroan, lalu dibakar dan disajikan bersama aneka bumbu dan acar.

Ada beberapa fakta sate yang wajib kamu ketahui. Mulai dari asal muasal sate hingga sate yang merupakan makanan pertama Presiden Soekarno usai pembacaan teks proklamasi.

Selengkapnya, simak tujuh fakta sate berikut ini.

Baca juga: Resep Sate Lilit Daging Sapi, Campur Bagian Lemak

1. Makanan saat persiapan proklamasi

Sate diketahui merupakan salah satu makanan yang disantap oleh Soekarno usai dinyatakan sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Seperti dikutip dari berita Kompas.com yang tayang pada Senin (16/8/2021), Soekarno memesan sate ayam sebanyak 50 tusuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada saat itu, Soekarno sedang dalam perjalanan setelah menghadiri acara proklamasi kemerdekaan dan diceritakan bertemu dengan tukang sate.

Permintaan sate oleh Soekarno ini disebut sebagai perintah pertama Presiden Republik Indonesia Soekarno.

Baca juga: Apakah Tusuk Sate Bambu Boleh Dipakai Ulang?

2. Sudah ada sejak abad ke-15

Menurut berita Kompas.com yang tayang pada Selasa (4/5/2021), salah satu cerita mengatakan bahwa sate sudah ada sejak abad ke-15.

Sate dikatakan dibawa oleh pedagang Arab yang datang ke Indonesia pada abad ke-15 untuk mengenalkan Islam dan mengenalkan kebab ke penduduk pulau Jawa.

Kebab merupakan salah satu olahan daging kambing di Arab yang dimatangkan dengan cara dibakar.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa sate berasal dari para pedagang India yang datang ke pulau Jawa dan mengenalkan sajian daging ditusuk yang sebelumnya sudah ada di India.

Baca juga: Resep Daging Suwir Bumbu Pedas, Bisa Pakai Sate Sisa

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.