Kompas.com - 16/08/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi ubi jalar SHUTTERSTOCK/ AtlasStudioIlustrasi ubi jalar

KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Namun, ada juga yang mengonsumsi makanan pokok lain.

Ada empat sumber karbohidrat yang akrab bagi beberapa penduduk Indonesia dan sering dijadikan makanan pokok.

Keempat makanan tersebut adalah ubi jalar, singkong, sagu, dan jagung. Namun, apakah makanan pengganti nasi aman dikonsumsi anak-anak?

Baca juga:

Pangan lokal pengganti nasi aman dikonsumsi

Jika dilihat dari segi keamanan, Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum mengatakan bahwa makanan pengganti nasi dianggap aman.

"Kearifan pangan lokal selalu aman bagi penduduk setempat karena merupakan pangan tradisi turun menurun," ujar Tan kepada Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, penting untuk mengetahui kebutuhan gizi yang diperlukan bagi anak-anak.

Ilustrasi puree sayur di dalam stoples kaca. SHUTTERSTOCK/MARGOUILLAT PHOTO Ilustrasi puree sayur di dalam stoples kaca.

Tan menuturkan, anak-anak membutuhkan nutrisi yang komplet agar bisa bertumbuh dengan baik.

Untuk anak usia 6-23 bulan, makanan pokok seperti nasi dan umbi hanya memenuhi 35 persen kebutuhan gizi.

Jika ingin memenuhi kebutuhan gizi, anak usia 6-23 bulan membutuhkan 25 persen asupan sayur dan buah, 30 persen protein hewani, serta kacang-kacangan.

Sementara itu, balita atau usia 2-5 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi 35 persen lauk pauk berupa protein hewani dan nabati, 30 persen sayur dan buah, serta 35 persen makanan pokok.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.