Kompas.com - 02/08/2021, 13:55 WIB
Kasuami gunung bersama ikan bakar dan sambal colo-colo merupakan kuliner khas Buton, Sulawesi Tenggara. KOMPAS.COM/DEFRIATNO NEKEKasuami gunung bersama ikan bakar dan sambal colo-colo merupakan kuliner khas Buton, Sulawesi Tenggara.

KOMPAS.com - Ganda putri bulu tangkis Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Keduanya melewati babak sengit melawan ganda putri asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Merayakan kemenangan ganda putri Indonesia, yuk tengok lima makanan khas dari Sulawesi Tenggara, kampung halaman Apriyani Rahayu.

Baca juga: Hasil Final Badminton Olimpiade Tokyo, Greysia/Apriyani Raih Medali Emas!

Lima makanan ini adalah makanan karbohidrat yang dapat menjadi pengganti nasi untuk menyantap aneka lauk. Siapa tahu, bisa jadi ide alternatif makanan pokok selain nasi di rumah.

1. Kasuami

Kasuami atau kasoami adalah oalahan singkong yang terkenal dari Sulawesi Tenggara. Bentuknya kercurut menyerupai tumpeng.

Cara membuat kasuami, singkong diparut, dikeringkan, disaring, dan dikukus. Kasuami disantap seperti layaknya makanan pokok. Biasanya dengan lauk ikan dan sayuran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kasuami juga bisa disantap langsung tanpa lauk, layaknya kudapan.

Baca juga: Resep Saraba, Minuman Rempah Hangat dari Sulawesi

2. Lapa-lapa

Bentuk lapa-lapa sekilas mirip lepet khas Jawa. Hanya saja lapa-lapa berdiameter lebih kecil dan lebih panjang.

Sama seperti lepet, lapa-lapa juga dibuat dengan beras ketan dan santan. Umumnya lapa-lapa muncurl pada Ramadhan. Sajian ini nikmat disantap dengan ikan asin.

3. Sinonggi

Makanan khas Papua, papeda bungkus dengan ikan kuah kuning, ikan suir, dan sayur melinjo pakisSYIFA NURI KHAIRUNNISA Makanan khas Papua, papeda bungkus dengan ikan kuah kuning, ikan suir, dan sayur melinjo pakis

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.