Kompas.com - 30/07/2021, 19:07 WIB
Ilustrasi jantung pisang. DOK.SHUTTERSTOCK/AMIRHAMZAHIlustrasi jantung pisang.

KOMPAS.com - Selain buahnya, jantung pisang juga bisa kamu olah menjadi makanan lezat.

Ada banyak resep masakan tradisional yang mengolah jantung pisang. Namun perlu diperhatikan, jantung pisang harus diproses dengan baik untuk menghilangkan getah dan rasanya yang pahit.

Selain itu, jantung pisang juga mudah berubah warna menjadi hitam. Tentu saja, jantung pisang yang menghitam bisa memengaruhi tampilan dari masakan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengolah jantung pisang agar tidak menghitam, pahit, dan cepat empuk. Cocok jadi bahan utama tumisan sayur yang lezat.

Baca juga: Resep Jantung Pisang Tanpa Santan, Coba Tumis Pedas Saja

1. Pilih jenis jantung pisang

Dilansir dari buku “SajianKu VOL 12/I/2014: Serba-Serbi Menjaga Nutrisi Sayuran Saat dimasak, Mengenal Bumbu Dapur Indonesia” oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Pertiwi Mediasindo menjelaskan kalau tidak semua jenis pisang enak diolah menjadi masakan.

Itu karena ada beberapa jantung pisang yang memiliki kandungan tannin yang tinggi. Kandungan tannin inilah yang menyebabkan rasa pahit atau sepat dari jantung pisang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, kamu bisa memilih jantung pisang jenis klutuk atau pisang batu. Pasalnya, jantung pisang jenis ini tidak terlalu banyak memiliki getah.

Baca juga: 4 Jenis Pisang yang Cocok untuk Gorengan yang Manis

2. Cara potong jantung pisang

Setelah memilih jantung pisang yang enak, langkah mengolah yang selanjutnya adalah mengupas dan memotong jantung pisang.

Dilansir dari laman Fine Dining Lovers, langkah pertama dari memotong jantung pisang adalah kupas bagian kelopak terluarnya.

Kupas sampai terlihat jantung pisang yang berwarna merah muda atau putih. Saat mengupas kelopak jantung pisang yang berwarna merah gelap dan teksturnya gelap.

Tersembunyi bunga di balik kelopaknya. Kamu bisa mengolah bunga dari jantung pisang menjadi masakan. Pastikan untuk mencabut putik di bagian dalam bunga. 

Kalau jantung pisang yang berwarna merah muda atau putih sudah terlihat. Belah menjadi dua bagian.

Ditambahkan dari laman The Kitchn, potong bagian ujung jantung pisang terlebih dahulu. Kemudian belah menjadi dua bagian dan iris tipis seperti mengiris bawang bombai.

Baca juga: 4 Cara Masak Pare Supaya Tidak Pahit, Rendam Pakai Garam

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.