Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2021, 08:34 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com – Madu telah lama dikonsumsi karena mengandung beragam khasiat yang baik untuk tubuh.

Banyak pula orang yang mengonsumsi sarang langsung bersamaan dengan madu di dalamnya.

Sarang lebah berbentuk heksagonal yang terbuat dari beeswax atau lilin lebah. Sarang lebah mengandung madu mentah yang biasa kita konsumsi.

Selain mengandung madu mentah yang kaya khasiat, sarang lebah juga mengandung bee pollen, propolis, dan juga royal jelly. Produk sampingan lebah yang juga kaya akan khasiat.

Baca juga: 9 Manfaat Konsumsi Madu Mentah untuk Kesehatan

Tampilan madu yang baru saja dipotong dari salah satu frame sarang lebah dalam kotak ternak lebah madu di area budi daya lebah madu yang berada di lembah hutan kaki Gunung Pangrango di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (23/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Tampilan madu yang baru saja dipotong dari salah satu frame sarang lebah dalam kotak ternak lebah madu di area budi daya lebah madu yang berada di lembah hutan kaki Gunung Pangrango di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (23/5/2021).

Lantas apakah mengonsumsi madu dengan sarangnya termasuk aman dilakukan?

“Mengonsumsi madu dengan sarangnya sangat baik,” kata Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., pada Kompas.com, Sabtu (17/7/2021).

Namun, Asnath menyarankan hanya mengonsumsi sarang lebah dan madu yang masih baru agar teksturnya masih lembut.

“Sarang yang masih baru berwarna putih kekuningan dan masih lembut. Sebaliknya, sarang yang sudah lama berwarna coklat atau hitam dan agak keras,” imbuh Asnath.

Baca juga: Hati-hati Minum Madu Mentah, Ada Risiko Kesehatan

Cara makan sarang lebah

Cara mengonsumsi sarang lebah tidaklah rumit. Menurut Asnath, kamu bisa memotong bagian sarang yang berisi madu.

Kemudian langsung saja mengonsumsi seluruh sarang dan madu yang terkandung di dalamnya.

Seperti dikutip dari Healthline, sarang lebah utuh yang mengandung madu mentah dan lilin lebah bisa dikonsumsi secara langsung.

Baca juga: 3 Cara Bedakan Madu Murni dengan Madu Oplosan, Tips dari Petani Lebah

Salah satu dari sejumlah frame sarang lebah dalam kotak ternak lebah madu yang ada di area budi daya lebah madu yang berada di lembah hutan kaki Gunung Pangrango di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (23/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu dari sejumlah frame sarang lebah dalam kotak ternak lebah madu yang ada di area budi daya lebah madu yang berada di lembah hutan kaki Gunung Pangrango di Desa Bojongmurni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (23/5/2021).

Sarang lebah punya tekstur yang unik dan konsistensi madunya sedikit berbeda dari madu kemasan yang biasa kita temukan di pasaran. Lilin lebah di dalamnya bisa dikunyah langsung karena teksturnya cukup kenyal.

Kamu bisa makan sarang lebah madu langsung apa adanya, bisa juga dicampur dengan makanan lain.

Sebagai topping roti, pancake, oatmeal, muffin, yoghurt, atau salad misalnya. Sarang lebah juga cocok dinikmati bersama buah-buahan dan aneka jenis keju.

Sementara menurut Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda Desa Bojongmurni sekaligus peternak lebah madu Iyan Supriyadi, mengonsumsi madu bersama sarangnya tetap memiliki beberapa risiko untuk kesehatan.

“Saran saya tidak dikonsumsi sarangnya tapi disepah saja lalu sarangnya itu dibuang,” pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com