Kompas.com - 03/07/2021, 17:23 WIB
Ilustrasi manisan jahe kering. SHUTTERSTOCK/NEDIM BAJRAMOVICIlustrasi manisan jahe kering.

KOMPAS.com - Jahe bukan hanya dapat diolah menjadi jamu maupun bumbu masakan, melainkan juga camilan sehat. Salah satunya adalah manisan jahe khas Arab.

Manisan jahe khas Arab ini bisa jadi opsi camilan sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh saat kerja dari rumah.

Dalam buku "30 Resep Masakan Arab Rumahan" oleh Balqies Batarfie terbitan Gramedia Pustaka Utama tertera cara membuat manisan jahe basah. Sehingga tekstur akhirnya agak lengket dan kental.

Baca juga: Apa Itu Jahe Merah? Biasa untuk Obat dan Jamu

Resep manisan jahe basah

Bahan

  • 1 kg jahe yang tidak tua maupun muda (ukuran besar)
  • 750 gram gula pasir
  • 750 ml air
  • 3 sdm garam halus

Baca juga: 24 Manfaat Konsumsi Jahe Merah, Tingkatkan Imunitas Tubuh

Cara membuat manisan jahe basah

  1. Cuci jahe hingga bersih dari kotoran tanah. Biarkan jahe utuh tidak dipotong-potong, kupas kulitnya. Sisihkan. Tusuk-tusuk jahe menggunakan garpu kecil dan tajam hingga layu.
  2. Bungkus jahe dengan serbet. Peras jahe hingga seluruh airnya keluar. Rendam jahe dalam air garam selama minimal empat jam.
  3. Cuci jahe dalam air mengalir, peras kembali jahe hingga rasa asin dalam jahe keluar. Ulang beberapa kali hingga benar-benar jahe tidak terasa garam
  4. Masak air dan gula hingga larut. Biarkan hingga benar-benar dingin. Masukkan jahe ke dalam air gula. Biarkan selama 24 jam.
  5. Saring jahe, masak kembali air jahe hingga mengental. Lakukan tiga sampai empat kali hingga jahe berwarna coklat. Masukkan manisan jahe ke dalam wadah kedap udara atau stoples. 
  6. Sajikan manisan jahe sebagai pendamping minum teh atau kopi.

Baca juga: 3 Cara Kupas Jahe dengan Cepat, Bisa Pakai Sendok

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buku "30 Resep Masakan Arab Rumahan" oleh Balqies Batarfie terbitan Gramedia Pustaka Utama tersedia online di Gramedia.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.