Kompas.com - 26/06/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi sambal matah, sambal embe, dan sambal plecing. Dok. Ariyani TedjoIlustrasi sambal matah, sambal embe, dan sambal plecing.

KOMPAS.com - Kontestan MasterChef Indonesia ditantang untuk membuat sajian Bakul Nusantara. Tantangan ini mengharuskan peserta untuk mengisi bakul dengan sajian khas Nusantara.

Salah satu kontestan Nadya, membuat sajian ayam serapah khas Bali, urap, dan sambal embe khas Bali.

Namun menurut Chef Juna, sambal embe yang dibuat Nadya tidak mirip dengan sambal embe asli.

"Sambal embe itu terdiri dari irisan dengan irisan cabai rawit, bawang goreng, dan banyak minyak," kata Chef Juna dalam tayangan MasterChef, Sabtu (26/6/2021). 

Baca juga: Resep Sambal Matah dan Tips Agar Sambal Tampak Segar

Dalam buku "Sambal Komplit Selera Nusantara" (2012) karya Great! Kitchen yang diterbitkan oleh Galang Press Media Utama, sambal embe dijabarkan terdiri dari tujuh bahan.

Ilustrasi sambal mbe atau sambal embe khas Bali. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi sambal mbe atau sambal embe khas Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sambal embe terdiri dari bawang merah, cabai rawit, cabai hijau, terasi matang, jeruk limau, garam, minyak. Pada beberapa resep juga ditambahkan bawang putih.

Sama seperti sambal matah, sambal embe khas Bali dibuat dengan cara diiris tipis bukan diulek.

Perbedaan sambal embe dan sambal matah ada pada teknik masaknya. Pada sambal embe, bawang digoreng sampai setengah matang atau sampai garing tergantung selera.

Baca juga: Selain Sambal Matah, Coba Resep Sambal Embe Khas Bali

Cabai rawit dan terasi lantas ikut digoreng. Terakhir ditambahkan garam dan air jeruk limau. 

Perbedaan lain sambal embe dan sambal matah, selain teknik masak ada pada bahan aromatik.

Sambal matah selalu ada serai yang diiris tipis dan tambahan irisan daun jeruk. Beberapa resep menambahkan irisan kecombrang. Semuanya mentah, hanya disiram minyak panas.

Baik sambal matah maupun sambal embe cocok disantap dengan aneka sajian khas Bali seperti ayam betutu, lawar, dan sate lilit.

Baca juga: 15 Sambal Khas Bali, Wajib Dicoba Para Pencinta Pedas

Buku "Sambal Komplit Selera Nusantara" (2012) karya Great! Kitchen yang diterbitkan oleh Galang Press Media Utama bisa dibeli di Gramedia.com



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.