Kompas.com - 24/06/2021, 17:09 WIB
Ilustrasi singkong shutterstockIlustrasi singkong

KOMPAS.com – Kamu mungkin sering mendengar tentang pentingnya diversifikasi pangan untuk dilakukan.

Namun sebenarnya, apa itu diversifikasi pangan dan kenapa itu penting dilakukan?

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Dr. Ir. Agung Hendriadi, M. Eng., diversifikasi pangan adalah program saat masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja.

Masyarakat kemudian juga diharapkan terdorong untuk mengonsumsi bahan pangan lainnya sebagai pengganti makanan pokok beras yang selama ini dikonsumsi.

Baca juga: Apa Itu Beras Analog? Alternatif Beras Padi yang Sehat

Hal tersebut ia ungkapkan dalam acara Webinar Diversifikasi Pangan Lokal Seri 2: Gaya Hidup Sehat, Kekinian dengan Pangan Lokal pada Rabu (23/6/2021).

Menurut Agung, diversifikasi pangan sangatlah penting agar bisa memanfaatkan kekayaan pangan lokal yang dimiliki Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita punya 77 jenis karbohidrat. Belum lagi kita punya 75 jenis protein, 110 jenis rempah, 40 jenis bahan pangan, 389 jenis buah-buahan, dan 228 jenis sayuran,” tutur Agung.

“Kalau kita punya kekayaan seperti ini, kita tidak melakukan diversifikasi, ya apa yang kita punya ini enggak ada artinya,” sambung dia.

Baca juga: Mencoba Nasi Sorgum, Alternatif Nasi Padi untuk Makanan Pokok

Lebih lanjut, pemanfaatkan pangan lokal secara masif dinilai bisa memberikan kontribusi positif untuk memperkuat kedaulatan pangan nasional.

Ilustrasi tepung jagungNarsil / shutterstock Ilustrasi tepung jagung

Tak itu saja, dengan diversifikasi pangan diharapkan bisa membawa masyarakat Indonesia agar hidup lebih sehat.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X