Kompas.com - 19/06/2021, 11:09 WIB
Baking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda. PEXELS/NICOLE MICHAOLUBaking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda.

KOMPAS.com - Baking powder merupakan salah satu bahan pengembang yang sering kali ditambahkan pada adonan makanan yang dipanggang.

Bahan dasar dari baking powder adalah baking soda dan elemen asam seperti cream of tartar. Maka dari itu, tidak perlu lagi menambahkan bahan asam saat menggunakan baking powder pada resep.

Kalau kamu sedang berencana membuat aneka makanan yang tertulis baking powder sebagai salah satu bahan pengembang di dalam resepnya.

Namun stok baking powder di rumah habis, kamu bisa menggunakan sederet bahan pengganti baking powder seperti yang dilansir dari laman Healthline berikut.

Baca juga: 5 Bahan Pengganti Baking Soda untuk Mengembangkan Kue

1. Cream of Tartar

Bahan pengganti baking powder yang pertama adalah cream of tartar. Namun, kamu perlu mencampurkan cream of tartar dengan baking soda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Campurkan ¼ sendok baking soda dan ½ sendok teh cream of tartar untuk menggantikan setiap satu sendok teh baking powder.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ditambahkan dari All Recipes, kamu juga bisa membuat pengganti baking powder dari cream of tartar.

Caranya dengan mencampurkan ½ sendok teh cream of tartar dengan ¼ sendok teh baking soda dan ¼ sendok teh tepung maizena untuk kue yang mengembang maksimal.

Gunakan campuran tersebut untuk menggantikan satu sendok teh baking powder pada resep.

2. Buttermilk

Punya stok buttermilk banyak di rumah? Kamu bisa menggunakannya untuk menggantikan baking powder pada resep kue favoritmu.

Takarannya adalah gunakan 122 gram buttermilk dan ¼ sendok teh baking soda untuk menggantikan satu sendok teh baking powder.

Mencampurkan buttermilk dengan baking soda akan memberikan hasil kue yang mengembang seperti menggunakan baking powder.

Namun perlu diketahui, jika kamu menggunakan campuran buttermilk dan baking soda untuk menggantikan baking powder. Maka kamu perlu mengurangi sedikit takaran bahan cair pada resep.

Hal itu untuk mempertahankan tektur dan konsistensi dari produk makanan yang dipanggang. Mengingat buttermilk merupakan bahan cair.

Baca juga: Bedanya Baking Powder dengan Baking Soda, Bekal Sebelum Bikin Kue

3. Baking soda

Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah. FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah.

Dikutip dari laman Simply Recipes, baking soda juga bisa digunakan untuk menggantikan baking powder.

Walau baking soda memiliki kekuatan mengembangkan kue yang lebih daripada baking powder. Namun, kamu tetap bisa menggunakannya.

Gunakan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh cuka atau jus lemon untuk menggantikan satu sendok teh baking powder dalam adonan.

4. Plain yoghurt

Yoghurt untuk meredakan pedas cabaiTHINKSTOCK Yoghurt untuk meredakan pedas cabai

Masih dengan bahan cair yang bisa digunakan untuk mengganti baking powder. Kamu bisa menggunakan yoghurt tawar.

Yoghurt tawar bisa digunakan sebagai bahan pengganti baking powder yang sempurna karena hanya memiliki rasa asam tanpa memberikan rasa lain dalam adonan.

Namun, kamu perlu mencampurkan yoghurt tawar dengan baking soda agar hasilnya lebih maksimal. Takarannya adalah ½ cangkir atau setara dengan 120 ml yoghurt tawar dan ¼ sendok teh baking soda.

Campurkan kedua bahan tersebut dan gunakan seperti menggunakan buttermilk. Yaitu mengurangi sedikit takaran bahan cair pada resep untuk mempertahankan tekstur makanan yang dibuat.

Baca juga: Bedanya Baking Powder Single Acting dengan Double Acting buat Bikin Kue

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X