Kompas.com - 18/06/2021, 13:12 WIB
ilustrasi mi instan disajikan bersama sayur dan ayam. SHUTTERSTOCK/Ravskyilustrasi mi instan disajikan bersama sayur dan ayam.

KOMPAS.com - Mi instan banyak dimasak dengan beberapa tambahan bahan seperti telur, sosis, atau ragam sayuran.

Selain bisa menambah rasa, pelengkap dari bahan lain dalam mi instan mampu menambah tekstur dan menghasilkan warna mi yang menarik.

"Sebenarnya tidak ada batasan mi instan untuk ditambahkan dengan bahan lain, silahkan saja tambah segala jenis sayuran atau protein," tutur Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santonso.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Masak Mie yang Tepat?

Sawi adalah salah satu sayur yang banyak digunakan sebagai pelengkap makan mi instan. Teksturnya yang renyah cocok dengan mi instan yang lembut setelah dimasak.

Menurut Stefu, sawi banyak digunakan dalam mi karena murah, dan mudah ditemukan di beberapa tempat.

Selain itu, hampir seluruh bagian sawi bisa dikonsumsi sehingga tidak meninggalkan banyak sisa sampah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau berbicara bahan tambahan yang lebih enak untuk makan mi instan, kita bisa pakai bayam jepang, itu enak," ujar Stefu kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Mie yang Telanjur Lembek Setelah Dimasak

Selain sawi dan bayam jepang, Stefu juga menyebutkan oyong, salada air, bayam merah, dan daun ubi sebagai bahan tambahan dalam mi instan.

Ilustrasi bayam. sayur bayam Freepik/Racool Studio Ilustrasi bayam. sayur bayam

Semua bahan atau sayuran yang dimasukkan ke dalam mi instan sebaiknya dimasak secara terpisah dari mi instan itu sendiri.

"Lebih baik bahan selain mi instan dimasak secara terpisah karena time of cookingnya berbeda," kata Stefu.

Baca juga: 5 Cara Masak Mi agar Tidak Mudah Putus, Jangan Sering Diaduk

"Sawi hijau dimasak setengah matang masih oke, coba kalau bayam lokal? Butuh waktu lebih lama untuk merebusnya, mi instannya keburu lodoh," lanjutnya. 

Selain sayuran, kamu juga bisa menambahkan protein lain ke dalam mi instan seperti telur, sosis, daging ayam, ikan, dan sebagainya.

Baik sayuran atau bahan lainnya, Stefu mengatakan pelengkap tersebut bisa dimasak menggunakan air rebusan yang sama namun tetap dimasak terpisah.

Baca juga: Cara Membuat Risoles untuk Isi Soto Mie Bogor



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X