Kompas.com - 16/06/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi bakmi ayam kuah. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi bakmi ayam kuah.

KOMPAS.com - Mi merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu. Mi membutuhkan waktu beberapa menit untuk dimasak hingga matang.

Menurut Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santonso, tiap mi memiki karakter yang berbeda.

"Tidak bisa justifikasi setiap mi itu sama, tiap mi itu memiliki karakter yang berbeda," tutur Chef Stefu kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Mengenal 9 Jenis Mi yang Digunakan pada Masakan Asia

ilustrasi mi. SHUTTERSTOCK/vitals ilustrasi mi.

Durasi masak mi tergantung penyajian

Chef Stefu menuturkan karakter mi yang berbeda membuat durasi yang dibutuhkan untuk memasak mi pun tidak bisa disamakan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di setiap bungkus, mereka sudah memberikan time of cooking sebenarnya atau cara penyajian dan segala macam, itu diikutin aja," kata Chef Stefu.

Menurut Chef Stefu, setiap mi memiliki komposisi yang berbeda. Ada yang menggunakan tepung lebih banyak dari telur, ada juga yang menggunakan jumlah telur lebih banyak dibandingkan tepung.

Komposisi mi yang berbeda membuat mi harus dimasak dalam waktu yang berbeda juga.

Chef Stefu mengatakan bahwa hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa tiap kemasan mi dilengkapi dengan cara pengolahan dan penyajian.

Baca juga: 6 Cara Membuat Mie Kenyal Tidak Mudah Putus, Meski Tanpa Bahan Kimia

ilustrasi mi. SHUTTERSTOCK/agarose ilustrasi mi.

Masak mi 2-4 menit

Jika dilihat secara umum, mi bisa dimasak dalam waktu lebih kurang 2-4 menit.

Durasi tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Chef Stefu tetap menyarankan untuk memasak mi dengan mengikuti cara pengolahan yang disarankan.

"Biasanya di belakang bungkus mi ada saran penyajian atau cara memasak, itu diikuti aja karena itu berasal dari pabrik, mereka pasti tahu karakter dan tingkat kekeringan dari mi tersebut," tutup Chef Stefu.

Baca juga: Cara Membuat Mie Telur untuk Aneka Olahan, Bisa Tanpa Mesin



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X