Kompas.com - 13/06/2021, 16:37 WIB
Tahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go! Dok. Instagram @tahugoidTahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go!

KOMPAS.com – Salah satu kegagalan yang sering dialami saat menggoreng tahu crispy adalah tahu tidak berhasil mengembang dan tidak renyah atau lembek.

Hal tersebut salah satunya disebabkan karena proses memasukkan tahu terlalu banyak ke dalam wajan penggorengan.

Menurut Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto, saat menggoreng pun pastikan tahu memiliki jarak yang cukup satu sama lain. Jangan masukkan tahu terlalu banyak sekaligus.

Baca juga: 4 Tips Goreng Tahu Crispy Anti Gagal, Hasilnya Renyah dan Mengembang

“Kalau kebanyakan (tahu) dia minyaknya akan campur air yang keluar dari tahu. Tapi kalau persentase minyak sama tahunya lebih sedikit (tahu), artinya ada ruang untuk bikin krispi,” kata dia ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng tahu crispy.

Pastikan seluruh permukaan tahu bisa terendam dalam minyak agar kematangan tahu merata dan tahu pun berhasil mengembang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahu goreng renyah ala Tahu Go!Dok. Instagram @tahugoid Tahu goreng renyah ala Tahu Go!

Goreng tahu 30 menit

Selain itu, tahu juga bisa tidak mengembang jika kamu tidak memiliki kesabaran yang dibutuhkan. Menggoreng tahu crispy memang membutuhkan waktu yang lama.

Seorang ibu rumah tangga bernama Heni mengaku memerlukan waktu sekitar 30-40 menit dari awal menggoreng hingga tahu benar-benar matang bersama tepungnya.

Ia sendiri cukup sering membuat tahu crispy untuk camilan di rumah.

“Banyak yang enggak sabar ya. Memang capek sih bikinnya. Harus sering diaduk apalagi kalau dia udah dituang tepung. Kalau enggak diaduk gosong sebelah aja terus tepungnya enggak rata,” papar Heni pada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Ada orang yang tidak sabar ketika menggoreng sehingga ia terlampau cepat menuangkan larutan tepung ke dalam gorengan tahu.

Baca juga: Jangan Sampai Tepung Tahu Crispy Tidak Nempel, Ikuti Tips Berikut

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X