Kompas.com - 29/05/2021, 21:06 WIB
Ilustrasi brokoli MizinaIlustrasi brokoli

KOMPAS.com – Sayuran brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Brokoli mengandung beragam antioksidan seperti sulforaphane dan juga vitamin C.

Seperti halnya sayuran dan bahan makanan lainnya, kandungan antioksidan dan vitamin tersebut bisa berkurang jika melalui proses pemasakan yang terlalu lama.

“Sayur sudah baik dari sananya. Semakin minimal campur tangan manusia, semakin baik,” kata ahli gizi dr. Tan Shot Yen ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (26/5/2021).

Jika brokoli diproses dengan panas tinggi dan waktu yang lama, maka kebanyakan nutrisi akan habis. Misalnya, dengan cara ditumis, dipanggang, atau digoreng.

Baca juga: 5 Cara Masak Brokoli yang Benar agar Enak dan Warnanya Cerah

Masak dalam waktu sebentar

Seperti dilansir Healthline, brokoli merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Satu cup atau sekitar 90 gram brokoli mentah yang dicacah bisa menyediakan sekitar 90-108 persen vitamin C dari rekomendasi kandungan vitamin C per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, vitamin C adalah vitamin yang sangat sensitif terhadap suhu. Sehingga jumlah yang tersisa pada brokoli sangat tergantung pada metode memasak yang dilakukan.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa merebus dan menumis brokoli bisa mengurangi kandungan vitamin C hingga 33 persen dan 38 persen.

Ilustrasi memasak brokoli dengan microwaveShutterstock/LightField Studios Ilustrasi memasak brokoli dengan microwave

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa memroses brokoli dengan microwave, merebus, dan menumisnya bisa sangat mengurangi kandungan vitamin C serta kolorofil. Pigmen sehat yang memberikan warna hijau pada brokoli.

Brokoli juga kaya akan komponen bernama sulforophane.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X