Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Buang Batang Brokoli, Masak Jadi Sajian Berikut

Kompas.com - 28/05/2021, 09:32 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber bonappetit

KOMPAS.com – Batang brokoli bisa diolah jadi aneka sajian nikmat yang kaya gizi. 

“Batang brokoli itu jangan dibuang karena bisa jadi sup krim brokoli,” kata Chef Ragil Imam Wibowo ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Cara membuat sup krim brokoli cukup mudah, potong-potong tipis batang yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumis bersama bahan pelengkap lainnya.

Misalnya, bisa menggunakan bawang putih, bawang merah, bawang bombai, atau pun jamur. Tumis bahan-bahan tersebut hingga harum dan batangnya matang.

Baca juga: Resep Sup Brokoli Kental Tabur Jamur, Makanan Penambah Imun Tubuh

Jika sudah, masukkan ke dalam blender lalu beri sedikit air. Haluskan batang brokoli dan bahan lainnya hingga cukup halus.

“Nanti tambahkan kalau senang pakai susu. Kalau ada krim, tambahkan krim. Kalau enggak ada juga bisa pakai santan. Pengentalnya itu adalah batang brokoli yang biasa dibuang,” tutur Ragil.

Seperti dilansir Bon Appetit, batang brokoli juga bisa diolah jadi beragam sajian selain sup krim. Kamu harus mempersiapkan dahulu batang brokoli sebelum bisa dimasak.

Ilustrasi sup brokoli kental. Dok. Shutterstock/Olesia Reshetnikova Ilustrasi sup brokoli kental.

Caranya, potong bagian bawah batang brokoli sebesar 2,5 – 5 sentimeter. Bagian tersebut cukup keras. Buang bagian tersebut.

Selanjutnya, kamu bisa mengupas bagian kulit batangnya atau pun bisa juga tidak dikupas. Hal tersebut tergantung dengan cara apa kamu ingin mengolah batang brokoli.

Jika kamu akan memanggang batang brokoli di dalam oven, biarkan saja bagian kulitnya. Cukup iris-iris batang brokoli, lalu panggang dalam oven dengan bahan lainnya.

Panas oven yang cukup tinggi akan membuat kulit brokoli perlahan melembut. Semakin lama batang brokoli dipanggang, maka kulitnya akan semakin lembut.

Baca juga: Cara Potong Brokoli, Batangnya Juga Bisa Dimakan

Namun jika kamu ingin menumisnya, sebaiknya kupas bagian kulitnya. Lakukan hal ini jika kamu ingin membuat sup krim sesuai resep Chef Ragil di atas.

Pada dasarnya, kamu bisa membiarkan bagian kulitnya jika akan dimasak dalam waktu lama.

Apabila hanya dimasak dalam waktu sebentar, seperti ditumis, direbus, dikukus, atau diblansir, maka kupas dahulu batangnya.

Jika ingin menyantap brokoli dalam keadaan mentah, kupas batang dan iris setipis mungkin agar mudah disantap.

Cara kupas batang brokoli

Mengupas batang brokoli cukup mudah. Gunakan alat pengupas (Y-peeler) di bagian sisi batang brokoli.

Kupas bagian kulit yang berwarna hijau gelap hingga bagian batang yang berwarna hijau pucat hampir putih terlihat. Setelah itu, batang brokoli pun siap dimasak.

Baca juga: Resep Brokoli Saus Keju, Sarapan Sehat yang Praktis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com