Kompas.com - 27/05/2021, 09:11 WIB
Ilustrasi brokoli mentah SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOSIlustrasi brokoli mentah

KOMPAS.com – Brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Brokoli kaya akan serat, antioksidan, hingga vitamin C.

Banyak cara mengolah brokoli. Mulai dari yang sederhana seperti di-blansir, dikukus, direbus, hingga ditumis, digoreng, dibakar, hingga dipanggang.

Brokoli juga bisa disajikan mentah sebagai salad atau camilan. Namun, amankah itu?

“Sayur sudah baik dari sananya. Semakin minimal campur tangan manusia, semakin baik,” kata ahli gizi dr. Tan Shot Yen ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Cara Cuci Brokoli agar Ulat Hilang, Siap Santap Mentah Maupun Masak

Seperti dilansir Healthline, brokoli sangat bisa dinikmati secara mentah. Pertama, bersihkan bagian kepala brokoli dengan menggunakan air mengalir.

Gosok-gosok bagian yang kotor dengan tangan, lalu keringkan dengan handuk kertas secara perlahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan pisau yang tajam untuk memotong bagian kepala brokoli. Potong-potong jadi ukuran yang mudah dimakan.

Mengukur porsi makananbisa menggunakan tangan kitaFogStock/Vico Images/Tamara Lischka Mengukur porsi makananbisa menggunakan tangan kita

Bagian kepala maupun batangnya aman untuk dimakan. Namun, bagian batang cenderung lebih berserabut dan sulit untuk dikunyah. Alternatifnya, potong bagian batang setipis mungkin.

Jika sudah dipotong-potong, kamu bisa langsung menikmati brokoli. Kamu juga menyantapnya langsung, atau dikombinasikan dengan bahan lain untuk tambahan tekstur dalam salad.

Nutrisi dalam brokoli mentah

Seperti dilansir Eating Well, berdasarkan riset dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, brokoli mentah memiliki lebih banyak nutrisi penting daripada brokoli yang sudah dimasak.

Baca juga: Cara Potong Brokoli, Batangnya Juga Bisa Dimakan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.