Kompas.com - 20/05/2021, 22:08 WIB
Jamur dengan tekstur lembab bisa cepat membusuk jika penyimpannya tidak benar. PEXELS/PaulaJamur dengan tekstur lembab bisa cepat membusuk jika penyimpannya tidak benar.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Beberapa jenis jamur mengeluarkan aroma tak sedap setelah dimasak. Aroma ini biasanya menyerupai bau kayu atau tanah.

Bau pada jamur sebaiknya dihilangkan agar tak mengganggu cita rasanya. Jadi, saat dimakan, jamur pun terasa lebih lezat. 

Ada cara mengolah jamur agar tidak bau yang bisa dicoba. Berikut uraian penjelasannya seperti Kompas.com rangkum dari beberapa sumber. 

Baca juga: Resep Jamur Krispi, Bisa Pakai Merang atau Tiram

1. Pilih jamur yang bagus 

Membersihkan jamur ada beberapa cara yang bisa dipakaiPIXABAY/Couleur Membersihkan jamur ada beberapa cara yang bisa dipakai

Jamur berkualitas dapat membuat hidangan lebih lezat karena ada tak bau yang menggangu.

Dilansir dari Serious Eats, sebisa mungkin pilih jamur yang batangnya masih kokoh. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari memilih jamur yang keriput, lunak, atau berlendir. Sebab, ini merupakan tanda bahwa jamur hampir busuk, kecuali jika kamu membeli jamur nameko yang memang berlendir. 

Baca juga: Cara Simpan Jamur di Kulkas, Jangan Cuci Dulu

Selanjutnya, balik jamur dan lihat bagian bawah tudungnya. Jamur yang bagus memiliki tudung yang kering dan kencang. Warnanya pun tampak bersih dan tidak berbintik.

2. Lap dengan air jeruk nipis 

Ilustrasi cara membersihkan jamur menggunakan sikat kering. SHUTTERSTOCK/MIRIAM DOERR MARTIN FROMMHERZ Ilustrasi cara membersihkan jamur menggunakan sikat kering.

Jamur segar tak perlu dikupas ataupun dicuci. Mencuci jamur justru dapat merusak tekstur dan aromanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.