Kompas.com - 12/05/2021, 19:26 WIB
Ilustrasi ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran di Indonesia.

KOMPAS.com - Stok ketupat Lebaran mungkin masih banyak sehingga tidak habis dalam sehari. Kamu dapat menyimpan ketupat di kulkas, kemudian hangatkan sebelum disantap.

Menurut Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto pada Sabtu (23/5/2020), ketupat bisa tahan dua sampai tiga hari pada suhu ruang.

Baca juga: Cara Menyimpan Ketupat yang Benar, Bisa Tahan sampai Satu Minggu

Namun, Gatot menyarankan untuk menyimpan sisa ketupat Lebaran di kulkas agar lebih bersih dan tahan lama.

Ilustrasi ketupat, kuliner khas Lebaran di Indonesia. Ketupat terbuat dari beras dibungkus janur. SHUTTERSTOCK/RANI RESTU IRIANTI Ilustrasi ketupat, kuliner khas Lebaran di Indonesia. Ketupat terbuat dari beras dibungkus janur.

Cara menyimpan ketupat yang benar adalah masukkan ke dalam plastik kedap udara. Selanjutnya, simpan di dalam kulkas.

Umumnya, ketupat bisa awet sampai tujuh hari apabila cara menyimpannya tepat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sementara pada Sabtu (8/5/2021), Executive Chef Fourpoint by Sheraton Hotel Makassar Suwanta menuturkan bahwa perlu suhu kulkas tiga sampai lima derajat celsius untuk menyimpan ketupat.

Baca juga: Cara Simpan Buras dan Ketupat agar Tidak Mudah Basi

Cara menghangatkan sisa ketupat Lebaran

Selanjutnya, kamu harus menghangatkan dulu ketupat Lebaran. Berdasarkan penuturan Gatot, kamu cukup mengukus ketupat langsung.

Buku “Hidangan Ketupat Nusantara yang Paling Laku Dijual” (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama menambahkan tips menghangatkan ketupat sebagai berikut:

  1. Biarkan ketupat sampai dinginnya berkurang atau mencapai suhu ruang.
  2. Kukus ketupat atau rebus dalam air mendidih selama lebih kurang 30 menit.
  3. Angkat dan tiriskan ketupat.

Gatot menambahkan bahwa ketupat Lebaran yang sudah dipanaskan atau dihangatkan kembali, teksturnya tidak sekenyal ketupat yang baru masak.

Baca juga: Cara Membuat Ketupat Lebaran agar Tidak Lembek ala Koki Hotel

Buku “Hidangan Ketupat Nusantara yang Paling Laku Dijual” (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com.

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X