Kompas.com - 11/05/2021, 07:32 WIB
Parsel-parsel Lebaran siap kirim yang dibuat oleh Gina Parcel Dok. Gina ParcelParsel-parsel Lebaran siap kirim yang dibuat oleh Gina Parcel

KOMPAS.com – Kamu mungkin sering mendengar soal banyaknya pedagang parsel yang menjual parsel dengan produk yang mepet atau bahkan telah melewati tanggal kedaluwarsa (expired).

Georgina Sandra, owner salah satu bisnis parsel Gina Parcel tak menampik ada banyak  penjual yang sengaja menjual parsel dengan barang yang mepet tanggal kedaluwarsa.

Baca juga: Bisnis Dessert ala Taiwan di Medan, Rintis dari Open PO sampai Punya 10 Outlet

“Selama aku riset-riset dari tahun awal aku jual parsel, ada yang nawarin kayak gitu. Murah katanya, tapi pas aku cek memang expired-nya lumayan tuh mepet kayak cuman satu sampai dua bulan aja,” kata Gina ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Hal tersebut tentu saja menyebalkan, khususnya jika kamu berniat menyimpan makanan-makanan parsel tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: Ulik Potensi Bisnis Parsel Lebaran, Usaha Musiman yang Menjanjikan

Untuk menghindari membeli parsel yang mepet atau lewat dari tanggal kedaluwarsa, Gina memberikan sedikit tips mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan saat membeli parsel:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjualan parsel melonjak dan marak jelang Hari Raya Idul Fitri. Seperti yang terlihat di Toko Parsel Garuda, Latumenten, Tambora, Jakarta Barat pada Jumat (8/6/2018).RIMA WAHYUNINGRUM Penjualan parsel melonjak dan marak jelang Hari Raya Idul Fitri. Seperti yang terlihat di Toko Parsel Garuda, Latumenten, Tambora, Jakarta Barat pada Jumat (8/6/2018).

1. Perhatikan harga parsel

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah harga parsel. Apakah harga parsel tersebut terlalu murah atau tidak.

“Dari harganya jangan yang terlalu murah. Ada yang nawarin ke aku juga begitu, harganya murah tapi parsel makanannya ada yang expired-nya sudah mau habis,” jelas Gina.

Kamu bisa menilai apakah harga yang ditetapkan standar atau terlalu murah dari jumlah makanan yang ada dalam satu parsel, serta merek makanan yang digunakan.

Baca juga: Kisah Sukses Bittersweet by Najla, Bisnis Rumahan Jadi Punya Banyak Reseller

Gina mencontohkan untuk parsel miliknya, tipe yang paling murah adalah Rp 400.000. Dalam parsel tersebut terdapat sekitar 10-12 macam makanan dengan merek standar.

Semakin mahal paket, maka jumlah makanannya akan semakin banyak dan merek yang digunakan pun semakin premium.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X