Kompas.com - 08/05/2021, 21:31 WIB
Cara memilih beras untuk zakat fitrah. cara menghitung zakat fitrah, Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah? Pixabay/ImagePartyCara memilih beras untuk zakat fitrah. cara menghitung zakat fitrah, Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah?

KOMPAS.com - Beras putih merupakan bahan utama untuk memasak nasi, ketupat, buras, dan lontong. 

Di pasaran ada banyak varian beras putih. Di antaranya ada beras Pandan Wangi, Rojolele, Setra Ramos, dan IR 64.

Setiap varian beras putih memiliki bentuk, warna, dan aroma beras yang berbeda. Selain itu, adanya banyak varian beras juga tidak lepas dari fungsinya masing-masing.

Baca juga: Cara Membuat Ketupat yang Padat untuk Teman Makan Gulai

Beras yang cocok untuk membuat ketupat

Berbicara mengenai varian beras putih yang cocok untuk membuat ketupat, Executive Chef Suwanta dari Fourpoint by Sheraton Hotel Makassar mengatakan bahwa bisa menggunakan beras putih varian apa saja.

"Sebenarnya kalau kita bicara soal standar itu tidak ada karena tiap daerah punya klasifikasi dan jenis beras yang berbeda," kata Suwanta saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ragam Beras di Indonesia, Mengapa Ada Rojo Lele dan Pandan Wangi?

"Tapi rata-rata mereka pakai beras yang IR 64 atau mentik," pungkasnya.

Menurut Suwanta, selain IR 64 ketupat juga bisa dibuat menggunakan beras putih varian lain seperti Rojolele dan Pandan Wangi.

Namun, Rojo Lele dan Pandan Wangi tidak bisa dijadikan bahan utama untuk konsumsi bisnis karena akan terkendala pada harga jual, mengingat keduanya termasuk beras premium.

Baca juga: 5 Tips Membuat Ketupat agar Tidak Cepat Basi dan Rasanya Lebih Gurih



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X