Kompas.com - 05/05/2021, 03:13 WIB
Ilustrasi sup daging sapi shutterstockIlustrasi sup daging sapi

KOMPAS.com – Ketika merebus daging, kamu akan mendapatkan air kaldu daging kaya rasa. Namun terkadang, air kaldu keruh dan kotor sehingga terlihat tidak menarik.

“Merebus daging itu enggak akan ada yang salah. Hanya masalahnya keruh atau tidak keruh saja air kaldunya,” kata Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: Berapa Lama Daging Sapi Harus Direbus agar Empuk?

Kondisi air kaldu yang bening ini akan memengaruhi estetika masakan. Khususnya jika kamu mau membuat sajian yang membutuhkan kuah bening, seperti sup daging kuah bening.

Stefu punya tips tertentu agar air kaldu dari rebusan daging tetap bening. 

Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu. SHUTTERSTOCK/SEAGULL_L Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu.

1. Blanching daging agar kaldu tidak keruh

Caranya adalah dengan melakukan teknik blanching pada daging setelah pemberian garam pada daging.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di-blanch itu artinya dimasukkan ke dalam air mendidih sampai dia keluar busa. Busa ini kan asalnya dari zat besi atau warna merah yang ada pada daging, bukan darah ya,” jelas Stefu.

“Jadi pada waktu dia direbus, dia akan keluar busa. Kalau sudah, angkat daging, bilas pakai air dingin, baru masukkan ke dalam air untuk bikin kuah,” sambung dia.

Setelah air rebusan daging kedua ini mendidih, kecilkan api agar rebusan tidak terus begolak. Dengan begitu kuah kaldu daging akan tetap bening.

Baca juga: Rebus Daging Bersama Sendok, Apa Benar Bikin Cepat Empuk?

Ilustrasi merebus daging dengan bumbu dan rempahPixabay/RitaE Ilustrasi merebus daging dengan bumbu dan rempah

2. Rebus daging bersama garam

Selain teknik blanching, kamu juga bisa menerapkan cara yang satu ini. Pertama, siapkan air dingin di dalam panci.

Kemudian, masukkan daging yang sudah diberi garam ke dalam air yang masih dingin tersebut. Baru nyalakan api dan rebus daging hingga mendidih.

“Setelah mendidih itu biasanya akan keluar busa sedikit di bagian atas. Ambil busanya, dibuang. Itu juga bisa,” pungkas Stefu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.