Kompas.com - 29/04/2021, 03:09 WIB
Ilustrasi overnight oat. Dok. Shutterstock/Anna_PustynnikovaIlustrasi overnight oat.

KOMPAS.com - Risol, bakwan, tempe mendoan, memang jadi menu andalan banyak orang Indonesia untuk berbuka puasa. Penjual gorengan biasanya ramai pembeli jelang waktu buka puasa.

Namun, Pakar gizi klinik dari Universitas Hassanudin sekaligus Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, dr. Tirta Prawita Sari mengatakan, tak ada hal baik dalam gorengan.

"Sebaiknya mengurangi makanan gorengan seminimal mungkin. Tidak ada hal baik dalam gorengan dan tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi gorengan," kata Tirta dikutip dari ANTARA, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Resep Kolak Singkong Lembut dan Legit, Menu Takjil Ekonomis

Dokter Tirta yang bekerja di RS Pondok Indah, menyarankan kurma dan buah-buahan untuk makanan buka puasa.

Konsumsi buah potong dan tiga butir kurma disebutkan sebagai makanan buka puasa terbaik, sekaligus dapat mengganti gorengan.

Buah-buah ini tidak perlu dibuat dalam bentuk jus, sementara kurma dapat juga dicampur di dalam oatmeal dan susu almond, menjadi overnight oats.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu juga bisa menambah kacang-kacangan agar lengkap protein pada overnight oats.

Ilustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya.

Selain itu, pilih metode masak yang baik agar memperoleh manfaat kesehatan dari puasa. Misalnya dengan mengukus, memanggang, atau membuat sup.

Baca juga: Apa Itu Overnight Oat? Makanan Sehat Praktis Tak Butuh Dimasak

"Namun terlepas dari semua itu, semakin sederhana cara pengolahannya, maka semakin baik, karena kita dapat terhindar dari penambahan kalori dari bahan-bahan lainnya," kata Tirta.

Pastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi pada waktu sahur dan berbuka.

Rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein.

Pilih lah jenis lemak yang baik dan mengurangi goreng-gorengan demi membuat tubuh lebih bugar.

Baca juga: Resep Susu Oat, Susu Nabati yang Mulai Jadi Tren

Pastikan sumber karbohidrat berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana, seperti gula dan sirup.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X